Portal Kabupaten Sijunjung

PERAN WALINAGARI STRATEGIS

0

Pemerintah nagari mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam pelaksanaan pembangunan yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahtraan rakyat.

Karena itu, disamping mengetahui segala permasalahan yang dihadapi masyarakat, pemerintahan nagari juga harus mampu membaca kebutuhan rakyat dibidang pembangunan yang bisa dipenuhi, kata Bupati Sijunjung Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, Selasa (2/8), di ruang kerjanya.

Yang tidak kalah pentingnya, pemerintah nagari juga merupakan  perpanjangan tangan pemerintahan yang lebih tinggi dalam mengambil kebijakan pada penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di tengah masyarakat.

Berkaitan dengan itu, walinagari selaku seorang pemimpin yang didahulukan selangkah, ditinggikan seranting yang dipilih langsung oleh masyarakat, sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.

Karena begitu beratnya tugas dan tanggungjawab yang dipikul, walinagari harus berupaya meningkatan pengetahuan dan wawasan, supaya mampu melaksanakan kepercayaan dan amanah yang  diberikan rakyat dengan segenap kesanggupan dan kemampuan.

Itu perlu dilakukan, karena amanah dan kepercayaan yang diberikan rakyat, tidak saja dipertanggungjawabkan di atas dunia, tapi juga di makamah Tuhan. Justru itu, seluruh walinagari diimbau supaya menunaikannya dengan segenap kesanggupan dan kemampuan. Jangan sia-siakan amanah dan kepercayaan rakyat, pesan bupati.

Sementara masyarakat diimbau  merapatkan barisan dan menciptakan hubungan silaturrahim yang lebih harmonis. Karena dengan persatuan dan kesatuan yang kokoh serta kekompakan yang terjalin erat, tidak ada yang tidak bisa dikerjakan.

Disamping merapatkan barisan, masyarakat juga diimbau berperan aktif dalam peningkatan sumber daya manusia dan pengentasan kemiskinan, karena kedua hal itu merupakan permasalahan pokok yang sedang dihadapi dewasa ini. Dan permasalahan itu tidak akan pernah tuntas bila komponen masyarakat tidak ikut serta mengatasinya, kata Bupati Yuswir Arifin. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.