Portal Kabupaten Sijunjung

Rendang “Cuk Bi” dari Sijunjung Raih Penghargaan MIA AWARD

0

Sijunjung, MC Sijunjung- Selain telah mendunia, rupanya Rendang “Cuk,Bi” dari Sijunjung Sumatera Barat berhasil meraih penghargaan MIA AWARD.

Diraihnya penghargaan MIA AWARD setelah Millennial Indonesian Agropreneurs Botani Square menggelar acara millennial yang kreatif dan inovatif di Bogor pada18 – 21 April 2019.

Atas citarasa yang disuguhkan Rendang Cuk,Bi dari Sijunjung itu membuat para dewan juri menobatkan sebagai penerima MIA AWARD.

“Alhamdallah Rendang “Cuk,Bi” meraih penghargaan MIA AWARD dan ini prestasi luar biasa buah karya dari anak-anak Sijunjung yang dipimpin Mya Harma selaku pengelola usaha Rendang Cuk,Bi,” kata Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy selaku prakarsa usaha yang digeluti Mya Harma asal Tanjung Ampalu itu.

Millennial Indonesian Agropreneurs atau MIA merupakan acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam rangka menumbuhkan petani-petani generasi millennial yang kreatif dan inovatif.

“Acara tersebut diikuti instansi-instansi binaan Kementerian Pertanian RI yaitu Politeknik Pengembangan Pertanian (Polbangtan) di seluruh Indonesia dan mitra-mitra yang terkait, salah satunya Institut Pertanian Bogor,”kata Mya Harma, Minggu (28/4/2019). “Saya lagi di Kementerian Keuangan pak,” tambah Mya Harma.

Rendang Daun Singkong “Cuk bi” merupakan salah satu perwakilan dari Institut Pertanian Bogor yang diikut sertakan dalam acara tersebut.

“Alasan diikut sertakannya Cukbi dalam acara ini adalah, karena Cukbi pernah menerima bantuan operasional Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) tahun 2016. Cukbi mengusung tema pemanfaatan hasil pertanian dari tanaman singkong,” terang Mya Harma.

“Tanaman singkong dapat dimanfaatkan mulai dari umbi hingga ke daunnya. Produk yang telah dipasarkan berupa rendang daun singkong, singkong cancang, keripik singkong, dan kerupuk singkong. Rendang daun singkong merupakan produk andalannya,” imbuh Arrival Boy.

“Acara MIA tersebut tidak hanya berupa pameran saja, tapi juga ada talkshow dan beberapa lomba seperti debat, video blog, dan yang paling bergengsi adalah “MIA AWARD”.

” Penilaian MIA AWARD didasarkan pada, ide usaha, kemasan produk, strategi pemasaran,” terang
Mya Harma.

“Dan pada acara MIA yang pertama ini, Cukbi berhasil meraih Juara 1 MIA AWARD”, kata Arrival Boy bangga atas prestasi usaha Rendang “Cuk Bi” yang dikelola Mya Harma.

“Harapannya dengan adanya acara ini, Cukbi semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Di samping itu, melalui Cukbi diharapkan masyarakat Indonesia dan dunia juga melirik kearifan lokal yang dimiliki oleh Kabupaten Sijunjung mulai dari potensi alam, pertanian, dan berbagai macam produk hasil pertanian yang dapat dinikmati oleh semua orang,” tambah Wabup Arrival Boy lagi. (yola/sap)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.