Portal Kabupaten Sijunjung

RAPAT PERSIAPAN DEKLARASI ODF

0

BAPPEDA bersama SNV mengadakan Rapat Persiapan Deklarasi ODF pada puncak HUT Kabupaten Sijunjung pada tanggal 18 februari 2018, Rapat di adakan di ruang rapat BAPPEDA yang di ikuti oleh OPD terkait ,Forum Kabupaten Sehat, BASNAS Kabupaten Sijunjung , Kemenag, Wali Nagari Bukit Bual, Wali Nagari Batu Manjulur dan Wali Nagari Kandang Baru serta Anggota Pokja AMPL Kabupaten Sijunjung pada Selasa (6/2).

Dalam rapat tersebut membicarakan mengenai Deklarasi ODF, 3 Nagari yang telah mencapai 100% ODF yakni Nagari Bukit Bual, Batu Manjulur dan Kandang Baru.

Open Defection Free (ODF)/ stop buang air besar sembarangan (stop BABS /SBS) yaitu kondisi ketika seriap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan.

Persiapan yang perlu dilakukan oleh ketiga Nagari dalam deklarasi ODF yaitu mempersiapkan dan melengkapi Berita Acara oleh Wali Nagari masing-masing sebelum hari H. Pada hari H nanti, para Wali Nagari akan membacakan ikrar dan penandatanganan prasasti.

Dengan adanya 3 Nagari yang telah mencapai 100% universal access maka masih ada 59 Nagari di Kabupaten sijunjung yang belum mencapai 100% Universal Acces.

Kabid Perencanaan Sosial dan Budaya, Rosman Efendi, M.Si menyebutkan dari 59 Nagari tersebut ada 29 Nagari telah mencapai 75 % sampai 99% Universal Access dan pada Tahun 2018 ini berkomitmen untuk mencapai 100% Universal Access, sedangkan untuk 33 Nagari lainnya berkomitmen akan mencapai 100% Unniversall Access di tahun 2019 seperti yang diminta Bupati Sijunjung.(Mega/Dwita-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.