Portal Kabupaten Sijunjung

PENGURUS OSIS IKUTI SEMINAR

0

Sebanyak 120 ketua dan sekretaris Organisasi Intra Sekolah (Osis) SLTA dan SLTP se-Kabupaten Sijunjung, mengikuti seminar tentang perpustakaan, di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Muaro Sijunjung, Selasa dan Rabu (27-28/9).

Seminar yang diselenggarakan aparatur Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung, dibuka Asisten II Setdab, Yusrizal, SE.

Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, sekretaris Umum Ikatan Perpustakaan Indonesia Sumbar, kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, kepala SKPD serta nara sumber.

Kepada peserta seminar asisten berharap dan berpesan agar mengembangkan ilmu yang diperoleh terhadap seluruh siswa, supaya menumbuhkembangkan pentingnya arti perpustakaan yang menjadi tujuan seminar, tercapai sesuai sasaran.

“Ketua dan sekretaris Osis yang diutus sekolah untuk mengikuti seminar ini, adalah siswa pilihan dan siswa hebat dari seluruh siswa yang ada di sekolah yang mengutusnya. Karena itu, saya  berharap dan berpesan agar mengembangkan ilmu yang diperoleh terhadap seluruh siswa, supaya menumbuhkembangkan pentingnya arti perpustakaan yang menjadi tujuan seminar, tercapai sesuai sasaran,” pesan Yusrizal.

“Bicara tentang arsip, saya yakin buku ketika menuntut ilmu di SD yang dimiliki peserta seminar ini tidak tersimpan. Apa lagi rapor yang banyak merahnya. Justru itu, ke depan setelah mengikuti seminar ini, berusahalah menyimpan arsip dengan baik, karena arsip tidak saja berguna untuk melihat data, tapi juga cermin dari kerapian kita,” ulas asisten.

Sekretaris Umum Ikatan Perpustakaan Indonesia Provinsi Sumatera Barat, Januaristi mengaku  sangat bangga dan mengapresiasi seminar yang diselenggarakan, karena di Sumbar, baru Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung ini yang menyelenggarakan seminar tentang perpustakaan terhadap pengurus Osis.

“Terus terang saya sangat bangga dan mengapresiasi seminar yang diselenggarakan, karena di Sumbar, baru Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung ini yang menyelenggarakan seminar tentang perpustakaan terhadap pengurus Osis. Karena seminar ini sangat besar arti dan manfaatnya terhadap pengembangan dan kemajuan perpustakaan ke depan, saya berharap kegiatan serupa diikuti oleh Kantor Perpustakaan kabupaten dan kota lain,” harap Januaristi.

Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung, Drs. Darlias selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan penyelenggaraan seminar tentang perpustakaan, adalah mengembangkan dan meningkatkan minat baca, linterasi informasi, bakat dan kecerdesan intelektual, emosional dan spritual peserta seminar.

Tujuan lain, menumbuhkembangkan profesional, kepedulian dan keinginan siswa akan pentingnya manfaat perpustakaan, baik perpustakaan sekolah, perpustakaan nagari dan desa mau pun perpustakaan daerah Kabupaten Sijunjung.

Disamping itu, melalui seminar ini diharapkan seluruh peserta mengetahui fungsi perpustakaan sekolah yang merupakan pusat kegiatan belajar, pusat penelitian sederhana, pusat membaca guna menambah ilmu pengetahuan serta pusat kegiatan linterasi informasi dan tempat kegiatan kreatif, imajinatif dan inspiratif.

Supaya tujuan tercapai, nara sumber yang menyajikan materi, kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat, kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sijunjung, kepala Dinas Parsenibudpora serta Kepala Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung, jelas Darlias. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.