Portal Kabupaten Sijunjung

PEMBENAHAN NAGARI JANGAN HANYA UNTUK PENILAIAN

0

Pemilihan nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung yang dilaksanakan setiap tahun, sangat besar arti dan manfaatnya. Karena dengan adanya pemilihan, masyarakat berupaya menampilkan yang terbaik, dengan cara membenahi serta menata nagari sebaik dan seelok mungkin, sehingga nagari yang berkompetisi terlihat bersih, rapi, indah dan tacelak.

Yang dibenahi dan ditata, tidak saja pisik nagari, tapi juga penyelenggaraan pemerintahan serta kinerja dan administrasi lembaga nagari seperti PKK, KAN, BPN, LPM dan organisasi sosial lainnya.

“Namun kita berharap, pembenahan nagari di segala sektor, tidak hanya ketika menghadapi pemilihan saja, tapi dilaksanakan secara rutin, kontiniu dan berkesinambungan,” kata ketua Komisi III DPRD Kabupaten Sijunjung H. Daswanto, Kamis (27/4), di Muaro Sijunjung.

Perlunya pembenahan dan penataan nagari di berbagai sektor secara rutin, kontiniu dan berkesinambungan, karena sesuai tujuan, pemilihan nagari berprestasi adalah untuk mengetahui sejauh mana masyarakat mampu melaksanakan pembangunan serta menjaga dan memelihara, dengan harapan ke depan lebih ditingkatkan.

Artinya, yang dinilai tim, bukan semarak dan meriahnya penyambutan serta keelokan nagari yang dipacu ketika akan mengikuti pemilihan. Tapi kemajuan pembangunan yang dicapai nagari tahun sebelumnya.

Untuk itu, supaya tujuan pemilihan mencapai sasaran dan harapan, peran aktif masyarakat sangat diharapkan  dalam membangun nagari. Karena pembangunan yang dikerjakan tahun ini, akan dinilai tahun depan. Begitu juga tahun berikutnya.

Dalam  pemilihan  nagari  berprestasi, baik ditingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten, kader terbaik Partai Bulan Bintang (PBB) ini   berharap   dan   berpesan   kepada walinagari dan masyarakat menjelaskan fakta dan kenyataan yang ada kepada tim penilai. Jangan merekayasa data dan keadaan, karena disamping tujuan pemilihan tidak tercapai, data yang direkayasa juga akan merugikan nagari dan masyarakat.

Begitu juga ketika menyambut tim penilai, Daswanto juga berharap kepada walinagari dan masyarakat acara serimonial tidak lebih menonjol dari pada acara pokok, karena disamping tidak mempengaruhi nilai, dana yang dikeluarkan juga akan membengkak.

“Syukur bila nagari yang menservis tim meraih juara. Jika tidak, tentu hanya kerugian yang diperoleh, sementara tujuan penilaian tidak tercapai,” kata wakil rakyat ini. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.