Portal Kabupaten Sijunjung

JAGA KELESTARIAN, DINAS PARPERI TEBAR BIBIT IKAN

0

Untuk membantu pendapatan masyarakat dan kelompok pembudidaya ikan (Pokdakan), Dinas Pengan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung melakukan penebaran benih ikan di perairan umum.

Hingga awal Juli 2017, Dinas Pangan dan Perikanan setempat telah menebar 675.500 bibit ikan jeni Nila di perairan umun atau lubuk larangan yang tersebar di sejumlah lokasi di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.

“ Penebaran bibit ikan ini, sebagai upaya menjaga kelestarian perairan umum,” kata Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Yulizar melalui Kepala Bidang Produksi Perikanan, Sutarto di Muaro Sijunjung..

Selain menjaga kelestarian perairan umum, sambung Sutarto, penebaran bibit ikan tersebut juga dimaksud untuk membantu pendapatan masyarakat atau kelompok  pembudidaya ikan.

“ Karena ada ikan, masyarakat atau kelompok menjadi terdorong untuk untuk menjaga kebersihan perairanan umum atau lubuk larangan.Dan mereka tentu tidak lagi membuang sampah ke sungai atau lubuk larangan,” jelasnya.

Dan tak kalah pentingnya, sebut dia, penebaran benih ikan di perairan umum adalah menggelorakan semangat masyarakat atau kelompok untuk mengkonsumsi ikan atau gemari ikan.

Ia menyebutkan, bibit ikan dengan total 675.500 ekor itu ditebar di 35 perairanan umum atau lubuk larangan.Diantaranya, di perairan atau lubuk larangan di Padang Sibusuk, Latang, Muaro Takung, Aie Amo, Kamang dan Siaur.

Kemudian, di perairan atau lubuk larangan di Nagari Timbulun, Sinyamu, Tanjung Gadang, Taratak Baru, Buluh Kasok, Lubuk Tarok, Sisawah, Sungai Lansek, Sibakur, Pulasan dan Nagari Sumpur Kudus.

Disamping di perairan umum dan lubuk larangan yang dikelola secara kelompok, pihaknya juga menebar bibit ikan di parairan umum atau lubuk larangan yang dikelola secara perorangan.

“ Kita juga menebar bibit ikan di perairan dan lubuk larangan yang dikelola secara perorangan,” tuturnya.-zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.