Portal Kabupaten Sijunjung

DINAS PERTANIAN ADAKAN TEMU TEKNIS DENGAN PENYULUH

0

Dinas Pertanian gelar temu teknis dengan penyuluh guna mengoptimalisasi peran dan fungsi penyuluh dalam rangka menyukseskan program dan kegiatan penyelenggaraan penyuluhan pertanian tahun 2018 di Gedung Pancasila Muaro, Selasa (23/1).

Acara dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan dihadiri Kepala Bidang lingkup Pertanian, Kepala UPTD se-Kabupaten Sijunjung serta Penyuluh Pertanian yang berjumlah 150 orang

Laporan panitia yang disampaikan Kasi Ketenagaan Penyuluh Arwilson, SPKP mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dan pandangan terhadap tugas, peran dan fungsi sebagai penyuluh, khususnya terhadap upaya untuk membantu dan menyukseskan semua program di Dinas Pertanian Kabupaten Sijunjung.

Dalam pertemuan ini membahas masih perlu ada perbaikan dimasa yang akan datang diantaranya : kunjungan kelompok belum dilaksanakan secara continue dan berkelanjutan, buku harian tidak diisi setiap hari kerja, posbpenyuluh Nagari belum berfungsi sebagaimana mestinya, administrasi kepegawaian perlu ditingkatkan kedisiplinannya, serta masih ada laporan tokoh masyarakat dan wali nagari bahwa penyuluh kurang pembinaan kepada kelompok tani, ” Itulah beberapa permaslahan yang perlu kita sikapi dan dibenahi untuk masa yang akan datang” ujar Arwilson.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pertanian Ir. Ronaldi, mengharapkan para penyuluh agar dapat mengawal program  dan mendampingi petani agar dari setiap lahan usaha taninya dapat meningkatkan produksi secara maksimal, karena peran dan fungsi penyuluh adalah sebagai ujung tombak pembangunan pertanian.

“Dan tidak ada lagi yang kerja malas-malasan karena penyuluh sangat penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat, ” sambungnya.

Keberadaan penyuluh pertanian harus mampu memberikan motivasi kepada para petani, Sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh semua masyarakat  untuk meningkatnya produksi pertanian di Kabupaten Sijunjung.

“Untuk itu, mari bersama-sama kita sukseskan program pembangunan pertanian pada umumnya dan menciptakan keharmonisan dalam kelembagaan penyuluhan secara khusus”, ungkap Ronaldi. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.