Portal Kabupaten Sijunjung

APLIKASI SIMPUS DAN SIMPEG, TINGKATKAN SISTEM INFORMASI AKURAT DAN TRANSPARAN

0

Puskesmas salah satu institusi pelayanan umum, dapat dipastikan membutuhkan keberadaan sistem informasi yang akurat dan transparan, serta cukup memadai untuk meningkatkan pelayanan Puskesmas kepada para pengguna (pasien), untuk itu Puskesmas Gambok bersama Tim Programer Kominfo akan merancang dan membangun Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Puskesmas (SIMPUS) dan penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian (SIMPEG) yang telah dikembangkan oleh Dinas Kominfo.

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Training Dinas Komunikasi dan Informatika, Selasa (23/1).

Tim Programer Dinas Kominfo yang dipimpin Fitriadi, S.Kom. M.CIO mengatakan SIMPUS adalah program aplikasi yang dikembangkan khusus puskesmas, untuk melihat kebutuhan dan kemampuan puskesmas dalam mengolah dan memelihara data-data yang ada.

SIMPUS merupakan aplikasi pengelola data di Puskesmas yang berupa multiuser, dimana pengelolaan melingkup kebutuhan rekam medis, poliklinik, obat-obatan dan sampai kepada pembiayaan pasien.

Dengan luasnya lingkup pekerjaan di Puskesmas, maka SIMPUS nantinya akan dikembangkan secara modular, atau terpisah antara program kerja yang satu dengan program kerja yang lain.

Kedepan Ia berharap, untuk seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Sijunjung agar dapat memanfaatkan Aplikasi ini, guna terwujudnya efisiensi, transparan dan akuntabilitas informasi sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan aplikasi SIMPEG adalah sebuah Sistem Informasi yang dirancang sebagai solusi untuk menangani berbagai hal dalam pengurusan kepegawaian mulai dari penyimpanan dan pemusatan data secara terkomputerisasi hingga menangani berbagai macam laporan yang berhubungan dengan kepegawaian sehingga mudah untuk mendapatkan informasi tentang kepegawaian.

“Sistem Informasi ini sebagai jawaban terhadap Manajemen Kepegawaian untuk memantapkan administrasi Kepegawaian sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan informasi data pegawai yang cepat, tepat, akuntabel, dan up to date”, jelas Fitriadi. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.