Portal Kabupaten Sijunjung

Audiensi Dengan Unesco – Bupati Persiapkan Silokek menjadi Unesco Global Geopark

Sijunjung – MC, Keseriusan Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir untuk menjadikan Geopark Silokek menjadi Unesco Global Geopark (UGG) diawali dengan melakukan audiensi dengan Unesco. Audiensi yang dilakukan pada hari ini Jumat, 12 Maret 2021 dari pihak Unesco dihadiri oleh Wakil Delegasi Tetap RI di Unesco – Perancis Prof. Surya Rosa Putra. Audiensi yang dilakkan secara virtual ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat dan beberapa Kepala Daerah di Sumatera Barat.

Dalam kesempatan arahannya Prof. Surya menyampaikan bahwa hal-hal prinsip yang harus terpenuhi untuk ditetapkan menjadi UGG adalah adanya unsur Geologi yang spesifik dan juga didukung oleh unsur cagar budaya. Pihak pengusul harus memenuhi komitmen terkait usulannya, yang paling utama adalah untuk menjaga semua warisan geologi dan warisan budaya tersebut tetap terlindungi.

Bupati Benny yang didampingi oleh Ketua Badan Pengelola Geopark Silokek – Zefnihan, Kepala Bappeda Yuni Elfiza dan Kadis Pariwisata Afrineldi menyampaikan bahwa Sijunjung sangat berkomitmen untuk menjaga warisan-warisan yang saat ini sudah ditetapakan sebagai warisan budaya nasional yaitu Perkampungan Adat Matrilineal Padang Ranah dan warisan geologi Geoark Silokek yang saat ini juga sudah ditetapkan sebagai Geopark Nasional.

“Indonesia saat ini sedang mengajukan dan sudah dalam proses penilaian untuk penetapan UGG adalah Geopark Toba Samosir dan Geopark Belitong” demikian Prof. Surya menyampaikan dan berharap Sumatera Barat segera menyiapkan untuk menyusul pengusulan berikutnya. Pujek-Kominfo.

You might also like

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.