Portal Kabupaten Sijunjung

Yayasan Kami Padang Sibusuk Dirikan Rumah Karakter

0

Pdg. Sibusuk. MC. Sijunjung,  – Guna menciptakan generasi Islam yang beriman, beraqlak mulia dan berbudi pekerti luhur, pengurus yayasan  Kurnia Amal Insani (Kami) Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung bekerjasama dengan yayasan Kami Padang dirikan rumah karakter Rumah Anak Shaleh (RAS).

Pengurus yayasan  Kami yang merupakan satu-satunya di luar Kota Padang, pembina David Kurnia dan Suryani Saputri, ketua Andi Dian Putra, wakil ketua I Ali Akbar, wakil ketua II Firdaus Nurdin, sekretaris Junaizar, wakil sekretaris Maidir Wandarma, bendahara Antoni Febrian, wakil bendahara I Elva Susvita, wakil bendahara II Astri Megawati, ketua dan anggota pengawas Junaedi Darwis serta Rahmat Ilahi dan Yusnaldi.

“Bangunan yang kami jadikan rumah karakter  RAS, adalah rumah penduduk yang sudah direnovasi,” kata ketua pengawas yayasan  Kami, Junaedi Darwis melalui What App (WA), Kamis  (20/6).

Setelah memulai proses belajar mengajar sejak tiga bulan lalu, sekarang rumah karakter  RAS yang terletak di dekat pasar Padang Sibusuk membimbing anak didik 85 orang, ulas Junaedi Darwis.

Ke-85 anak didik yang berusia 6 sampai 12 tahun, dibimbing oleh tiga mentor (guru pembimbing), Indra Maizal, Yanti Putri Yani dan Novia Krisdantiya Yosa yang sudah magang di training center yayasan Kami Padang.Proses belajar mengajar yang dilasanakan Senin sampai Jumat dari pukul 13. 30 sampai 17.00 WIB, diisi dengan menghafal Al Quran, menghafal hadist, cerita teladan Islam, fiqh ibadah dan wisuda tahfizh.

Dalam menghafal Al Quran dan terjemahannya, metode yang dipakai adalah menghafal Al Quran semudah tersenyum (Master). Yaitu memanfaatkan gerakan tangan untuk memudahkan menghafal arti dan meningkatkan daya ingat, jelas Junaedi Darwis.

Tentang rumah karakter  RAS Junaedi Darwis menjelaskan, rumah karakter  RAS adalah suatu ruang dan waktu dimana nilai-nilai karakter hidup dan berkembang pada diri anak, dengan menggunakan metode pendampingan yang bertujuan menciptakan anak shaleh dan shaleha yang berkarakter.

Anak didik rumah karakter  RAS yang berusia 6 sampai 12 tahun, diajak melaksanakan aktivitas alur karakter dan aktivitas yang bermanfaat. Disamping itu, bersama teman dan bimbingan mentor, anak didik dilatih dan diajak melakukan perbuatan baik, yaitu merasakan menjadi dan memiliki karakter baik, membangun mimpi hidup dengan karakter baik, melakukan perbuatan baik serta dilatih berbagi amal baik.

Setelah setahun  mendapat bimbingan dari mentor di  rumah karakter  RAS, yang diharapkan tumbuh dan berkembang dalam jiwa dan sanubari anak didik, adalah rasa yang damai, kasih sayang, jujur, kerjasama, persatuan, rasa hormat, tanggungjawab, disiplin, sedehana, toleransi, adil dan sopan satun.

“Hakikatnya, melalui rumah karakter  RAS, diharapkan tercipta generasi Islam yang beriman, beraqlak mulia dan berbudi pekerti luhur,” tulis ketua pengawas yayasan  Kami Padang Sibusuk, Junaedi Darwis yang sekarang sedang berada di Jakarta, melalui WA. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.