Portal Kabupaten Sijunjung

WUJUDKAN TRANSPARASI DALAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI

0

Dinas Sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Kabupaten Sijunjung menggelar sosialisasi penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Beras untuk Rakyat Sejahtera (Bansos Rastra) pada tahun 2018 di Kabupaten Sijunjung di Hotel Bukik Gadang pada, Kamis (22/3).

Kegiatan ini turut dihadiri Bupati Sijunjung yang diwakili oleh Asisten I Setda Sijunjung Irwandi,S.IP, M.Si, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Sijunjung serta narasumber Jhonova,SH. M.Si dari Dinas Sosial Provinsi, Adrianti dari Divisi Regional Bulok Kota Solok. peserta dalam kegiatan ini merupakan dari Kecamatan, Nagari dan tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan Se-Kabupaten Sijunjung dan stakeholder terkait.

Program bantuan pangan berupa subsidi beras untuk Rakyat Sejahtera (Rastra) pada 2017 akan berubah menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Beras untuk Rakyat Sejahtera (Bansos Rastra) pada tahun 2018. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketepatan sasaran dalam pemilihan Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Pada kesempatan tersebut Asisten I Setdakab Sijunjung Irwandi,S.IP, M.Si membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi ini, dalam sambutnya menyampaikan Program Bantuan Pangan secara non tunai bertujuan untuk meningkatkan ketepatan kelompok sasaran, memberikan gizi yang lebih seimbang, dan lebih banyak pilihan dan kendali kepada rakyat miskin. Selain itu mendorong usaha eceran rakyat,  memberikan akses jasa keuangan pada rakyat miskin, serta mengefektifkan anggaran.

Untuk Kabupaten Sijunjung,berdasarkan SK Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 4/HUK/2018 tentang Penetapan Jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM)  dan tahapan penyaluran Bantuan Sosial Beras Sejahtera dan Bantuan Pangan Dan Non Tunai tahun 2018.

Kabupaten Sijunjung teralokasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera sebanyak 10.799 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) kalau dibandingkan dengan basis data terpadu tahun 2017 sebanyak 21.308 keluarga masyarakat miskin, masih banyak masyarakat miskin yang perlu kita tingkatkan taraf kehidupannya sehingga keluar dari garis kemiskinan,sambungnya

Harapan saya kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar hingga selesai dan kepada Camat dan Wali Nagari yang hadir pada hari ini agar selalu melaporkan dan mengirim hasil verifikasi dan validasi data masyarakat yang benar-benar miskin agar tidak terjadi lagi beras Rastra bagi rata yang mengakibatkan salah sasaran ataupun salah guna sehingga bisa terciptanya tertib administrasi, tertib hukum dan transparansi. (Rio-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.