Portal Kabupaten Sijunjung

WALINAGARI SERTA TOKOH MASYARAKAT TEMUI DPRD SIJUNJUNG

0

Dua Nagari di kecamatan Sijunjung melaksanakan pertemuan  dengan DPRD Kabupaten Sijunjung, di ruang sidang Utama DPRD Sijunjung, Senin (22/5).  Mereka meminta DPRD mencarikan solusi terbaik pasca ruas jalan Muaro –Silokek runtuh.  Agar kedua daerah tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Walinagari Durian Gadang,Ardi menyebutkan, bahwa Silokek dan Durian Gadang kembali seperti ke zaman beberapa tahun yang lalu. Kedua daerah tersebut kini terisolir, Karena akses jalan yang tidak memadai. Serta penerangan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang tidak ada.

Untuk sampai ke lokasi baik dari muaro maupun ke Silokek dan Durian Gadang terpaksa dengan kendaraan roda dua . jika dipaksakan untuk menggunakan kendaraan roda empat  harus memutar arah jalan melalui Nagari Paru-Aia Angek dan Sumpur Kudus- Manganti kecamatan Sumpur Kudus

Rapat dipimpin oleh Wakil ketua DPRD Walbardi dihadiri seluruh anggota DPRD Sijunjung, dan  pada Kesempatan, Walinagari serta ketua Badan Perwakilan Nagari (BPN), Kerapatan Adat Nagari (KAN) kedua Nagari serta ketua pemuda dan tokoh masyarakat ke dua nagari.   Pada kesempatan itu, Anggota DPRD memberikan pandangan yang berbeda-beda supaya kedua nagari tersebut terlepas dari ketelisoriran akibat jalan ke daerah tersebut runtuh.

Bakri,SH anggota Komisi II DPRD menyebutkan, untuk menimalisir kerusakan ruas jalan tersebut. PETI harus ditindak. Pemerintah harus melakukan pelarangan penambangan emas di sepanjang sungai. Jika hanya perbaikan jalan yang dilakukan, percuma saja. Lantaran kerusakan jalan akibat dampak dari PETI tersebut.

“Salah satu solusi terbaiknya adalah dengan memperbaiki ruas jalan yang ada saat ini,”ungkapnya.

Pada rapat kesempatan itu, belum ada solusi terbaik untuk memperbaiki ruas jalan itu. DPRD akan membicara dengan pemerintah Sijunjung dan memanggil Dinas Pekerjaan Umum serta PLN  agar akses jalan ke daerah tersebut segera diperbaiki serta sarana penerangan telah ada- yan@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.