Portal Kabupaten Sijunjung

Walinagari Padang Sibusuk Kukuhkan 12 Lembaga Informal

0

Pdg. Sibusuk, MC Sijunjung – Walinagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Aprizaldi. D mengukuhkan pengurus 12 lembaga informal nagari, Sabtu (11/1) malam, di halaman sekretariat Pemuda Kreasi Anak Nagari (PKAN).

Ke-12 lembaga yang dikukuhkan itu, pengurus Masjid Jamik dan pengurus Masjid Nurul Huda, pengurus Karang Taruna, persatuan pemuda, persatuan sepakbola, nagari siaga aktif, pengawas aliran sungai Batang Lasi, persatuan ojek, kelompok asuhan mandiri pemanfaatan tanaman obat, kelompok siaga bencana, masyarakat peduli nagari dan pengurus persatuan olahraga buru babi.

Pengukuhan pengurus lembaga yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Desri Antoni, dihadiri Camat dan ketua Majelis Ulama Indonesia Kupitan; Adri,  S. Pt dan H. Jamhur, ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Padang Sibusuk; Hasmizon Pandito Bosai, alim ulama, bundo kanduang, tokoh dan pemuka masyarakat serta generasi muda.

Terhadap pengurus lembaga informal yang dikukuhkan, Camat Adri berharap dan berpesan supaya berperan aktif dalam memajukan pembangunan nagari yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam kesempatan baik ini, disamping mengucapkan selamat berbakti dan mengabdikan diri serta selamat menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diamanah dan dipercayakan masyarakat, terhadap pengurus lembaga informal yang dikukuhkan, saya juga berharap dan berpesan supaya berperan aktif dalam memajukan pembangunan nagari yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat. Baik pembangunan fisik mau pun spritual,” kata camat.

Sebagaimana diketahui, supaya pembangunan nagari terujud sesuai sasaran dan harapan, masyarakat harus merapatkan barisan dan menciptakan silaturrahmi yang lebih harmonis. Karena dengan persatuan dan kesatuan yang kokoh serta kekompakan yang terjalin erat, segala sesuatunya mudah dikerjakan.

Begitu juga dalam upaya meningkatkan ekonomi, selain memanfaatkan potensi dan peluang yang ada, pemerintahan nagari dan masyarakat diharapkan memiliki daya juang dan daya saing dalam menyiasati berbagai keadaan.

Karena pencapaian kemakmuran suatu nagari, tidak semata tergantung potensi dan peluang, tapi lebih ditentukan sejauhmana pemerintah dan masyarakat memiliki daya juang dan daya saing dalam menyiasati berbagai keadaan.

Betapapun besarnya potensi yang dimiliki, bila tidak dikelola dengan baik, tidak akan bermanfaat secara maksimal. Sebaliknya, masyarakat yang menghadapi  berbagai keterbatasan, justru mampu mencapai kemajuan besar, karena mereka memiliki inovasi, kreativitas serta daya juang yang tinggi.

“Karena itu, dengan telah dikukuhkannya pengurus berbagai lembaga informal nagari, kita berharap Padang Sibusuk akan semakin maju dan berkembang, baik di bidang agama, ekonomi dan pendidikan mau pun bidang olahraga,” harap Camat Adri.

Senada dengan camat, ketua KAN Padang Sibusuk, Hasmizon Pandito Bosai juga berharap dan mengimbau masyarakat agar berperan aktif dalam memajukan pembangunan, karena memajukan pembangunan bukan hanya tanggungjawab pemerintah nagari saja, tapi dituntut peran aktif dan keikutsertaan semua komponen. –nas@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.