Portal Kabupaten Sijunjung

WAKIL BUPATI PIMPIN UPACARA HARI PAHLAWAN

0

Memperingati Hari Pahlawan yang jatuh 10 November 2017 tahun ini mengangkat tema ‘Perkokoh Persatuan untuk Membangun Negeri’. Dengan harapan, momentum peringatan Hari Pahlawan bisa membuat semakin bersatu padu membangun negeri.

Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy pimpin upacara peringatan Hari Pahlawan di lapangan M. Yamin Muaro Sijunjung, Jumat (10/11)

Upacara yang berlangsung hikmad diikuti Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Muaro, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Para Veteran Pejuang Kemerdekaan, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Instansi Vertikal, Ketua LKAAM, Ketua Organisasi Wanita Kabupaten Sijunjung, SLTA dan SLTP.

Arrival Boy selaku Inspektur Upacara membacakan Amanat Menteri Sosial RI, hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersam sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

 Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa Pahlawannya, kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanda pengorbanan dan perjuangan para Pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Dalam kerangka mengujudkan visi-visi tersebut telah dirumuskan sembilan agenda prioritas pemerintahan ke depan yang disebut NAWA CITA. Kesembilan agenda prioritas itu biasa di kategorisasikan kedalam tiga ranah : ranah mental-kultural, ranah material (ekonomi) dan ranah politik.

Pada dasarnya setiap warga bangsa menyadari bahwa kita semua mewarisi sebuah konsepsi, sebuah etos, sebuah niat dan tindak perilaku kepahlawanan yang tinggi dan luar biasa, inilah saatnya kita menuntaskan perjuangan membangun bangsa dengan sikap mental yang positif dan konstruktif yaitu membangun sebuah bangsa yang merdeka, maju, berdaulat dan terbuka kita menyelami tantangan dan persoalan yang dihadapi bersama dengan semangat persatuan didalam kesejahteraan seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi.

Pada kesempatan itu Dia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya, menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri kita Indonesia. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.