Portal Kabupaten Sijunjung

WABUP SERAHKAN REMISI

0

Sebelum upacara peringatan detik-detik Proklamasi dilaksanakan,Wakil Bupati  Arrival Boy secara simbolis menyerahkan Surat Keputusan (SK) remisi Menteri Hukum dan HAM  kepada 108  warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Sijunjung.

Penyerahan remisi yang dilaksanakan dalam satu upacara, di kompleks Lapas tersebut, Rabu (17/8), disaksikan ketua DPRD  Mukhlis Rasyid, Forkopinda,  Sekdakab A.T Rohendi, Staf Ahli Syahrial, Asisten I Jaheri, Kepala Lapas Edi Cahyono dan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Dari 108 warga binaan yang menerima remisi, seorang langsung mengirup udara bebas. Selebihnya memperoleh pengurangan masa menjalani pidana satu sampai enam bulan.

Selain membacakan sambutan tertrulis Menteri Hukum dan HAM, Wakil Bupati  Arrival Boy berpesan kepada warga binaan, terutama yang langsung bebas, supaya kembali  ke jalan yang benar, jalan yang diredhai Allah SWT.

Sesuai namanya, Lembaga Pemasyarakatan, saudara di sini tidak dihukum, hanya dibina dari kekilafan, keteledoran dan kesesatan. Justru itu, sekembalinya dari sini, mulailah hidup baru, kembalilah  ke jalan yang benar.

Tunjukan kepada masyarakat dan keluarga bahwa saudara telah sadar dan insaf dari kekilafan dan keteledoran serta bertekadlah untuk tidak kembali ke tempat pembinaan ini.

Sementara kepada mereka yang masih menjalani pidana, dipesankan supaya menjadi warga binaan yang baik dengan mentaati aturan dan ketentuan yang berlaku di Lapas.

Tentang remisi yang diterima warga binaan, menurut Kepala Lapas  Edi Cahyono serta Kasi Bimbingan Napi-Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Sahlan, berkisar antara satu sampai enam bulan.

Berpariasinya pemberian remisi,  sangat erat kaitannya dengan kepatuhan mereka dalam menjalani peraturan dan ketentuan selama menjadi warga binaan.

“Untuk itu, sebagaimana pesan wakil bupati, kita juga berharap semua warga binaan ini lebih memperlihatkan kesadaran dan kepatuhannya, supaya banyak menerima remisi. Karena sesuai Keputusan Presiden RI Nomor: 174 tahun 1999, remisi umum diberikan setiap tanggal 17 Agustus dan hari besar lainnya,” kata Sahlan. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.