Portal Kabupaten Sijunjung

WABUP LEPAS JCH

0

Wakil Bupati (Wabup) H. Arrival Boy melepas Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sijunjung, di Masjid Istiqlal, Selasa (23/8). Selain keluarga yang mengantar dalam jumlah cukup banyak, acara melepas JCH juga dihadiri ketua DPRD Mukhlis Rasyid, unsur Forkopinda dan sejumlah kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Disamping melepas secara resmi, Wabup juga mengucapkan selamat kepada seluruh jemaah yang akan memenuhi panggilan Allah SWT menunaikan rukun Islam kelima, dengan doa dan harapan semoga menjadi haji yang mabrur.

“Kepada seluruh JCH Kabupaten Sijunjung, saya ucapkan selamat menunaikan ibadah haji, dengan iringan doa dan harapan menjadi haji yang mabrur, karena tidak ada imbalan bagi haji mabrur, kecuali Surga,” kata Wabup

Agar prediket haji mabrur tercapai, berupayalah menjaga kesehatan dan pisik dengan baik, supaya seluruh rukun dan syarat haji bisa dijalankan sebagaimana mestinya.

Disamping  menjaga kesehatan dan pisik, JCH juga harus mempersiapkan jiwa yang tunduk, supaya tidak timbul sifat sombong, angkuh dan takabur. Sebab JCH yang sombong, angkuh dan takabur, akan mendapat kesulitan ketika menjalani rukun dan syarat haji, di Tanah Suci Mekka Al Mukaramah, ulas Wabup.

Dalam kesempatan itu Wabup juga berpesan kepada JCH supaya menjaga sopan santun serta sabar, tabah dan tawakal selama menjalankan ibadah haji.

Dipesankan juga agar selama berada di Mekka Al Mukaramah JCH tidak berjalan sendiri, tapi berombongan, minimal berdua atau bertiga. Ini bertujuan supaya JCH tidak salah jalan dan tidak menemui hal yang tidak diingini.

Pesan dan harapan lain, seluruh JCH yang dilepas, diminta dan diharapkan mendoakan Kabupaten Sijunjung di Masjidil Haram supaya terus maju, berkembang dan sejahtera serta aman sentosa sepanjang masa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sijunjung H. Afrizal mengatakan, tahun 2016 ini JCH Kabupaten Sijunjung yang dilepas berjumlah 87 orang. Dari jumlah itu, 25  (berasal dari Kecamatan Sijunjung), 17 (dari Kecamatan IV Nagari), 15 (Koto VII), 12 (Kupitan), delapan (Tanjung Gadang), lima (Kamang Baru) dan lima (dari Kecamatan Lubuk Tarok).

Dari 87 orang itu, Rosna  Binti Enda Kayo dari  Kecamatan Sijunjung merupakan JCH tertua, dengan usia 86 tahun. Sedangkan JCH termuda, adalah warga Kecamatan Koto VII, Desman bin Abd. Wahab, dengan usia 38 tahun. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.