Portal Kabupaten Sijunjung

WABUP HADIRI BAKAUA ADAT DI LALAN

0

wakubhaSebagai wujud syukur atas hasil panen yang diperoleh, sekaligus berdoa dan bermohon kepada Allah SWT sawah yang digarap selalu memberi rezki, masyarakat Nagari Lalan, Kecamatan Lubuak Tarok rutin melaksanakan kaua adat setiap habis panen dan sebelum turun ke sawah.

Kaua yang dilaksanakan Senin (7/11), di lapangan sepakbola nagari tersebut, tidak hanya diikuti puluhan ninik mamak, alim ulama, cerdik pandai dan bundo kanduang yang mengenakan pakain kebesarannya serta ratusan masyarakat, tapi juga dihadiri Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy bersama ketua DPRD Mukhlis Rasyid, S. Sos dan sejumlah kepala SKPD serta Muspika Lubuak Tarok.

Tidak tanggung-tanggung, untuk suksesnya acara yang digelar, masyarakat  Lalan menyemblih seekor kebau besar. Sementara nasi dan air minum serta   makanan ringan, dibawa oleh bundo kanduang dan  PKK, sehingga kaua yang dilaksanakan tidak obahnya seperti alek gadang nagari, karena dimeriahkan dengan berbagai kesenian tradisional seperti randai, silat, tari piring dan panjat batang pinang.

Menurut Walinagari Lalan, Martonis, bakaua  yang rutin dilaksanakan sekali setahun sebelum turun ke sawah, merupakan  ujud syukur atas hasil panen yang diperoleh, sekaligus berdoa dan bermohon kepada Allah SWT sawah yang digarap selalu memberi rezki.

Guna suksesnya bakaua  yang juga merupakan pesta anak nagari, disemblih seekor kerbau besar untuk makan bajamba sambia duduak baselo, dalam dangau beratap daun kelapa, di lapangan sepakbola.

Selain menjelaskan berbagai pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung, Wabup Arrival Boy juga berpesan dan berharap kepada seluruh masyarakat Lalan kekompakan yang terjalin erat tidak hanya untuk bakaua, tapi dijadikan modal dasar untuk memacu pembangunan nagari yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahtraan rakyat.

Supaya kemajuan pembangunan nagari tercapai sesuai harapan, masyarakat harus bahu membahu mengerjakan setiap pembangunan yang dilaksanakan. Karena dengan kebersamaan dan kekompakan yang terjalin erat, segala sesuatunya mudah diselesaikan, kata Wabup.

Tercapainya kemajuan suatu nagari, tidak semata tergantung peluang dan kemampuan keuangan, tapi semangat membangun yang dimiliki masyarakat lebih menentukan.

Betapapun besarnya peluang pembangunan yang dimiliki, bila masyarakat tidak ikut serta mengisi dan memanfaatkannya, peluang itu tidak akan mengasilkan secara maksimal.

Sebaliknya, masyarakat yang berperan aktif dalam mengerjakan setiap pembangunan, meski peluang dan kesempatan terbatas, justru mampu mencapai kemajuan besar.

Untuk itu kepada seluruh masyarakat Lalan diharapkan selalu memupuk persatuan dan kesatuan serta kebersamaan yang bisa dihandalkan dalam melaksanakan pembangunan, supaya kemajuan nagari yang didambahkan tercapai sesuai harapan, harap Wabup Arrival Boy. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.