Portal Kabupaten Sijunjung

WABUP BUKA RAKORDA KKBPK

0
Wabup Arrival Boy meninggalkan ruang rapat Kantor Bupati, tempat berlangsungnya Rakorda program KKBPK Kabupaten Sijunjung tahun 2017

Wakil Bupati H. Arrival Boy membuka rapat koordinasi daerah (Rakorda) program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Kabupaten Sijunjung tahun 2017, di ruang rapat Kantor Bupati, Selasa (21/3).

Rakorda KKBPK yang diselenggarakan aparatur Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung, diikuti kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pejabat Kantor Kemenag serta camat dan koordinator KB se-Kabupaten Sijunjung.

 Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri kepala Perwakilan BKKBN Sumbar dan wakil ketua tim penggerak PKK Kabupaten Sijunjung Ny. Ria Arrival Boy.

Wabup mengatakan, upaya membangun karakter bangsa guna menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan nasional.

Karena itu, dalam membangun karakter bangsa, diperlukan komitmen dan partisipasi berbagai komponen bangsa melalui pola pembinaan karakter, mulai dari lingkungan keluarga dan lembaga pendidikan sampai ke lingkungan masyarakat.

Karakter bangsa, merupakan kualitas perilaku kolektif kebangsaan inklusif yang tercermin dalam kesadaran, pemahaman, rasa, karsa dan perilaku berbangsa dan bernegara sebagai hasil olah pikir, olah rasa serta perilaku berbangsa dan bernegara berdasarkan nilai-nilai Pancasila, UUD 1945, keberagaman dengan prinsip Bhineka Tunggal Ika dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sesuai dengan arah pembangunan pemerintah periode 2015-2019, pemerintah Kabupaten Sijunjung turut berupaya mewujudkan agenda pembangunan nasional (Nawa Cita) melalui cita ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam negara kesatuan. Cita kelima, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pembangunan bidang pengendalian penduduk dan keluarga berencana.

Kemudian, dalam dimensi pembangunan manusia, pemerintah Kabupaten Sijunjung berperan dalam melakukan revolusi karakter bangsa yang merupakan agenda prioritas cita kedelapan.

“Dengan demikian, program KKBPK harus bisa menerapkan revolusi mental berbasis keluarga, sehingga para orangtua sejak dini dapat menanamkan nilai-nilai integritas, etos kerja serta gotong royong kepada anak-anaknya,” kata Wabup Arrival.

Kepala  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung, Rina Defita Eka Putri selaku ketua pelaksana Rakorda KKBPK mengatakan, 2017 merupakan tahun kedua pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan rencana strategis 2016-2021.

Berkaitan dengan itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung diharapkan mampu memformulasikan berbagai dasar kebijakan dan strategi pembangunan kependudukan, keluarga berencana serta pembangunan keluarga.

 Sedangkan dalam mencapai sasaran rencana kerja Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tahun 2017, telah dilakukan langkah-langkah akselerasi dan kegiatan strategis sejak tahun 2016 yang dilanjutkan pada 2017 ini.

Dengan langkah-langkah akselerasi yang telah disusun, diharapkan terwujud sinkronisasi kegiatan dan penganggaran. Baik lintas program mau pun lintas sektor dalam pencapaian program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, harap  Rina Defita Eka Putri. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.