Portal Kabupaten Sijunjung

WABUP BUKA RAKER KESBANGPOL SESUMBAR

0

Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy membuka rapat kerja (Raker) kepala Kantor Kesbang Pol kabupaten/kota se-Sumatera Barat, di hotel Bukik Gadang Muaro Sijunjung, Jumat (27/5).

Selain seluruh peserta, Raker yang intinya membicarakan pelaksanaan pemutakhiran data Personel, Pembiayaan, Perlengkapan dan Dokumentasi (P3D), juga dihadiri kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkab Sijunjung.

Wabup mengatakan, sebagaimana diketahui, seluruh Kesbang Pol yang ada di Indonesia akan menjadi bagian dari instansi vertikal Kementerian Dalam Negeri yang secara administrasi akan menjadi bagian dari urusan pemerintah pusat.

Peralihan wewenang ini tentunya menjadikan Kesbang Pol memikul tugas dan tanggungjawab yang makin besar, karena salah satu tanggungjawab yang akan diemban adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan umum dan itelijen di daerah.

Menghadapi perubahan ini, tentunya sangat dibutuhkan kesiapan semua pihak, terutama kesiapan pemerintah daerah. Sebab proses administrasi mulai dari personil, peralatan dan penganggaran sampai kepada dokumen, adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kesiapan pemerintah daerah.

Terkait dengan Raker yang dilaksanakan, Wabup berharap agar dijadikan momentum bagi aparatur Kesbang Pol kabupaten/kota se-Sumbar untuk kemajuan pemecahan masalah  dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab ke depan.         Selain itu, Raker yang dilaksanakan hendaknya juga mampu menciptakan ide kreatif baru untuk kemajuan provinsi Sumatera Barat.

Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Sumater Barat, Basronni selaku ketua pelaksana mengatakan, maksud penyelenggaraan rapat pemutakhiran data P3D ini, adalah untuk mengetahui kondisi existing P3D Kesbang Pol kabupaten/kota se-Sumbar.

Disamping itu juga sebagai sarana berdialog dan berdiskusi serta sebagai media komunikasi, koordinasi, integrasi dan sinkronisasi antar pejabat Kesbang Pol se-Sumbar dan sekaligus untuk menyamakan visi, persepsi dan sikap dalam rencana vertikalisasi Kesbang Pol.

Sedangkan tujuan penyelenggaraan Raker, untuk mengetahui kondisi akhir P3D Kesbang Pol provinsi dan kabupaten/kota se-Sumbar serta menyamakan persepsi, langkah dan sikap segenap jajaran Kesbang Pol kabupaten/kota dengan Kesbang Pol provinsi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan umum.

Tujuan lain mengidentifikasi isu strategis bidang kelembagaan Kesbang Pol, baik pada tingkat provinsi mau pun di tingkat kabupaten/kota yang memerlukan penangan secara dini, jelas  Basronni. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.