Portal Kabupaten Sijunjung

WABUP BUKA MUSRENBANG

0

Wakil Bupati (Wabup) Sijunjung H. Arrival Boy membuka musyawarah pembangunan (Musrenbang)  Kecamatan Kamang Baru, di UDKP setempat.

Pembukaan yang berlangsung sederhana, dihadiri sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Muspika, kepala dinas instansi, kepala UPTD dan UPTB, kepala berbagai sekolah serta delegasi nagari, ketua  KAN,  BPN, LPM dan walinagari se-Kecamatan Kamang Baru.

Wabup mengatakan, musrenbang yang dilaksanakan setiap tahun adalah untuk  mewujudkan perencanaan yang berkualitas, akomodatif, aspiratif dan partisipatif pada masing-masing, nagari, kecamatan dan kabupaten.

Disamping itu juga merupakan mekanisme dengan pola pendekatan partisipatif yang melibatkan masyarakat di lokasi rencana pembangunan dilaksanakan.

Disadari sepenuhnya, bahwa perencanaan merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatakan kualitas pelayanan kepada rakyat. Proses perencanaan harus mampu menangkap aspirasi dan kebutuhan yang berkembang di tengah masyarakat.

Justru itu, proses perencanaan ini harus melibatkan setiap stakeholder yang ada di masyarakat, supaya bisa memberi masukan tentang berbagai masalah pembangunan, guna dicarikan solusinya, jelas Wabup Arrival Boy.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbanda) Kabupaten Sijunjung, Febrizal Ansori mengatakan,  meski Musrenbang Kecamatan Kamang Baru sudah dilaksanakan, namun masih ada nagari yang akan melaksanakan Musrenbang hingga 21 Februari mendatang.

Setelah Musrenbang nagari selesai secara keseluruhan, dilanjutkan dengan Musrenbang kecamatan, forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Musrenbang kabupaten.

Jadwal pelaksanaan Musrenbang kecamatan yang telah sampai ke Bapelitbanda, setelah Kecamatan Kamang Baru sebagai pelaksana perdana, 6 Februari, Kecamatan Sijunjung menjadwalkan 14 Februari, Lubuk Tarok dan Koto VII 15 Februari, Kupitan dan Tanjung Gadang belum menjadwalkan, Sumpur Kudus 21 Februari dan Kecamatan IV Nagari 22 Februari.

Setelah Musrenbang kecamatan selesai, pelaksanaan forum OPD direncanakan 27 dan 28 Februari. Untuk itu, kepada camat diharapkan menyampaikan kegiatan prioritas hasil Musrenbang kecamatan ke Bapelitbanda paling lambat 23 Februari, karena pada forum OPD akan dilakukan sinkronisasi usulan dari hasil kegiatan prioritas Musrenbang kecamatan dengan rencana kerja (renja) OPD tahun 2018, jelas Febrizal Ansori.

Sementara itu, untuk lebih sinkronnya hasil Musrenbang kecamatan dengan Renja OPD serta dokumen lainnya, mulai tahun ini dibangun Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD) yang disesuaikan dengan urusan perangkat daerah yang ada saat ini.

Sedangkan Musrenbang kabupaten yang akan melahirkan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2018, pelaksanaannya direncanakan minggu kedua Maret 2017.

“Seluruh tahapan perencanaan pembangunan ini telah kita sesuaikan dengan regulasi dan peraturan yang ada tentang sistem perencanaan pembangunan, sehingga keberhasilan yang kita capai pada tahun sebelumnya, hendaknya juga bisa kita raih dalam tahun ini dan meningkat di tahun mendatang,” harap Kepala Bapelitbanda Febrizal Ansori. –nas@sijunjung.go.id

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.