Portal Kabupaten Sijunjung

WABUP BUKA MTQ KUPITAN

0

Pemerintah Kecamatan (Pemkec) Kupitan, Kabupaten Sijunjung mambangkik batang tarandam. Setelah 10 tahun tidak dilaksanakan, Minggu (29/5) diselenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan di Masjid Ikhlas Simancung.

Acara keagamaan yang seharusnya diselenggarakan sekali dua tahun itu, dibuka Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy.

Pembukaan yang disemarakan dengan penampilan grub qasidah Yasinan Al Barokah Jorong Guguak Tinggi, Nagari Padang Sibusuk, dihadiri anggoat DPRD Kabupaten Sijunjung, Yusni Darti, kepala Kantor Kementerian Agama, Kabag Kesra Mukharlis, Muspika, kepala dan pegawai Kantor KUA, walinagari serta tokoh dan pemuka masyarakat Kecamatan Kupitan.

Perbuatan yang patut dicontoh dan disuritauladani dalam penyelenggaraan MTQ ini, setelah protokol mempersilahkan wakil bupati membuka acara, sebelum mengucapkan salam, Wabup bertanya kepada seluruh yang hadir apakah waktu Shalat Zuhur sudah masuk atau belum.

“Sebelum MTQ ini saya buka secara resmi, saya ingin tahu terlebih dahulu apakah waktu Shalat Zuhur sudah masuk atau belum,” tanya Wabup kepada seluruh yang hadir. “Sudah pak,” jawab sejumlah kaum bapak hampir bersamaan. “Kalau sudah, kita Shalat Zuhur berjemaah terlebih dahulu. Setelah shalat, baru MTQ kita buka,” jelas Wabup.

Hebatnya lagi, setelah pegawai Kantor Urusan Agama (KUA) Kupitan, Abdul Rahman mengumandangkan azan, yang qamat pada Shalat Zuhur berjemaah itu adalah Camat Kupitan, Gafrialdi. Sedangkan imam adalah Wakil Bupati Arrival Boy.

Disamping untuk mencari kafilah terbaik guna mengikuti MTQ tingkat Kabupaten Sijunjung, MTQ tingkat kecamatan yang diselenggarakan hari ini (Minggu –Red) juga untuak mambangkik batang tarandam, karena sudah 10 tahun tidak dilaksanakan, kata Camat Gafrialdi.

Berdasarkan catatan yang ada, MTQ tingkat Kecamatan Kupitan terakhir dilaksanakan tahun 2005 di Masjid Taqwa Nagari Batu Manjulur. Sejak itu tidak pernah lagi diadakan. Baru hari ini.

“Karena MTQ tingkat kecamatan tidak diadakan, untuk mencari kafilah yang akan diikutsertakan pada MTQ kabupaten, dilakukan seleksi.  Namun sekarang, karena sudah dimulai, ke depan saya bertekad dan berharap MTQ tingkat Kecamatan Kupitan dilaksanakan sekali dua tahun sebagaimana yang seharusnya,” tegas camat.

MTQ merupakan sarana untuk menanamkan kemauan dan keinginan yang kuat bagi umat Islam untuk memperdalam, memahami dan menghayati isi kandungan Al Quran, sekaligus mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, jelas Wabup Arrival Boy.

“Karena itu, yang kita harapkan dari MTQ, tidak hanya meraih juara, tapi  menumbuhkan cinta dan gemar membaca Al Quran bagi anak dan remaja. Karena dengan mencintai dan gemar membaca Al Quran serta menghayati dan mengamalkan isi kandungan-Nya, akan terbangun pondasi agama yang kuat dan kokoh dalam diri dan jiwa anak sejak dini,” kata Wabup.

Guna meringakan beban panitia pelaksana, atas nama pribadi, Arrival Boy serahkan bantuan kepada Camat Kupitan 100 us dolar (Rp1,3 juta). –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.