Portal Kabupaten Sijunjung

WABUP ARRIVAL BOY : KEMBANGKAN POTENSI NAGARI

0

Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy meminta pemerintah nagari menggali dan mengembangkan potensi nagari untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Arrival Boy ketika menghadiri acara Bakaua Adat di lokasi perkaulan adat Nagari Sinyamu Kecamatan Tanjung Gadang.

Kata Arrival Boy, setiap nagari di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih ini memiliki potensi berbeda.Misalnya, Nagari Lubuk Tarok menawarkan rumah gadang dan kuliner godok obuih.

Begitu juga dengan nagari Sinyamu, tentu punya potensi atau kuliner yang berbeda pula dengan nagari-nagari lainnya di Kabupaten Sijunjung.”Potensi yang ada di nagari harus dioptimalkan sehingga bisa menjadi kekuatan ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

Karena itu, ia mengajak pemerintah nagari bersama masyarakat harus lebih kreatif dan berinovatif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Seiring dengan itu, Wabup Arrival Boy menyebutkan bakaua adat merupakan salah satu tradisi adat bagi masyarakat di Kabupaten Sijunjung.Kegiatan ini, sambung dia, memiliki nilai dan peran yang sangat penting.

“ Bakaua adat ini adalah ungkapan rasa syukur setelah panen dan kegiatan ini masih menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat dan perlu dilestarikan,” ucapnya.

Disamping wujud rasa syukur, sebut Wabup, kegiatan bakaua adat ini juga bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar sesama masyarakat.Dan kegiatan ini menunjukan kuatnya sara persatuan dan kesatuan ditengah-tengah masyarakat.

“Tanpa adanya persatuan dan kesatuan masyarakat, kegiatan bakaua adat ini tidak akan terlaksana dengan baik,” katanya.

Ia berharap rasa persatuan dan kesatuan yang telah dibina ini terus dipertahankan, dan sekaligus dijadikan modal dasar untuk memacu pembangunan nagari yang bermuara kepada peningkatan ekonomi dan kesejahtraan rakyat.

“Dengan adanya persatuan dan kesatuan yang kuat segala sesuatu yang dikerjakan akan mudah diselesaikan,” ucap orang nomor satu di Kabupaten Sijunjung.

Dia juga meminta seluruh elemen masyarakat bahu membahu serta terus memupuk budaya gotong royong.Sebab, pembangunan akan berjalan baik apabila masyarakat turut serta mendukung berbagai program pemerintah.“Pembangunanan yang dijalankan pemerintah tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat,” tuturnya.-zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.