Portal Kabupaten Sijunjung

UPACARA PERINGATAN HUT KOPRI Ke-46 DAN HUT PGRI Ke-72 KABUPATEN SIJUNJUNG

0

DPRD, Unsur forkopimda, Sekda, Ketua TP-PKK, Organisasi Wanita, Staf Ahli, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sijunjung dan Instansi Vertikal mengikuti upacara dilapangan M. Yamin Muaro Rabu (29/11). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-46 dan HUT Persatuan Guru Republik Indonesia PGRI ke-72 Tahun 2017 yang berjalan dengan hikmat.

Dalam Pidato Presiden dan Menteri Pendidikan yang dibacakan Wakil Bupati Sijunjung Arival Boy, peringatan HUT KOPRI harus menjadi momentum untuk melakukan refleksi, menjaga soliditas dan solidaritas demi mencapai kemajuan bangsa indonesia.

KORPRI harus menjadi pilar utama pemersatu bangsa dan negara indonesia dengan aparatur sipil negara sebagai age perekat kebinaannya. KORPRI harus menjadi organisasi dengan budaya yang penuh inovasi dan kreatifitas, yang modern, efisien dan yang melayani dengan jiwa dan semangat Pancasila, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

Pembangunan harus dilakukan dari pinggiran dan dari desa-desa, dimulai dengan pemerataan infrastruktur fisik hingga pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Oleh karena itu peran kopri menjadi sangat vital. Korpri harus bisa menjadi penghubung antara masyarakat dengan pemerintah.


Selain itu Pidato Menteri Pendidikan yang disampaikan Arival Boy dengan tema hari guru kali ini adalah membangun pendidikan karakter melalui keteladanan guru. Tema ini erat kaitannya dengan implementasi peraturan presiden No.87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter. Peraturan Presiden tersebut mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan”.

Mereka memiliki tanggung jawab untuk membentuk karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, rasa, olah pikir dan olah raga.

Disamping itu guru dan tenaga kependidikan juga harus mampu mengelolah kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat untuk mengobarkan gerakan nasional revolusi mental. Momentum hari guru nasional hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakan guru-guru kita sudah cukup profesional dan menjadi teladan bagi peserta didiknya.

Dalam kesempatan ini Arival Boy juga menyampaikan bahwasannya Sijunjung mendapat penghargaan Kabupaten Sehat kategori tertinggi Swasti Saba Wistaradari Kementeriaan Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri RI. Harapan saya semoga kedepannya penghargaan ini bisa menjadi pemacu semangat untuk membangun Sijunjung.(Dicko-Rio-Dwita-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.