Portal Kabupaten Sijunjung

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN SUKSES

0

upacaHari Pahlawan ke-71 tingkat Kabupaten Sijunjung yang dipusatkan di lapangan sepakbola Prof. M. Yamin, Kamis (10/11), berlangsung tertib, lancar dan sukses. Bertindak selaku inspektur dan komandan upacara, Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo dan Kapolsek Koto VII AKP. Yosi Hendra.

Dengan perwira upacara, Kasat Narkoba Polres Sijunjung, AKP. Afdimon, pengibar bendera merah putih juga dipercayakan kepada anggota Polres, Bripda Arif Munandar, Bripda Fajri Fauzan dan Bripda Andre Fernando.

Sementara teks Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh siswa SMAN 1 Sijunjung, Atasia Degita Yuswir. Pesan-pesan pahlawan juga disampaikan oleh siswa SMAN 1, Amanda MSP dan Afif Hamdi. Sedangkan lagu Halo Halo Bandung, Indonesia Pusaka, Selamat Datang Pahlawan Muda dan Mars Sijunjung, dinyanyikan oleh siswa SMPN 7.

Upacara dihadiri Wakil Bupati H. Arrival Boy, Forkopinda, ketua Pengadilan Negeri  Muaro, ketua Pengadilan Agama, Sekdakab A.T Rohndi, perwira TNI/Polri, para hakim dan jasa, pejabat teras Pemkab, kepala SKPD, Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI), pejuang 45, purnawirawan TNI dan Polri serta pengurus dan anggota berbagai organisasi wanita.

Peserta upcara, keluarga besar KORPRI, anggota Kodim dan Polres, organisasi pemuda serta mahasiswa, siswa SLTA dan SLTP.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Yuswir Arifin mengatakan, peringatan Hari Pahlawan harus mampu menggali apinya, bukan abunya.

Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat berjuang. Berjuang mati-matian dengan penuh idealisme yang mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan. Persatuan yang bulat, mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. Disamping itu, semangat kepahlawanan juga semangat membentuk dan membangun negara.

Menteri menambahkan, setiap zaman memiliki tantangan sendiri. Karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.

Seusai upacara, Bupati Yuswir Arifin, Wakil Bupati Arrival Boy, Forkopinda, ketua pengadilan negeri, Sekdab A.T Rohendi, pejabat teras Pemkab dan  kepala SKPD, beramah tamah dengan perintis kemerdekaan, veteran pejuang kemerdekaan serta purnawirawan TNI dan Polri, di Balairung Lansek Manih.

Menurut Kabid Sosial Dinas Sosnakertrans, Basinar selaku panitia pelaksana kegiatan, rangkaian dari peringatan Hari Pahlawan ke-71, Rabu (9/11) malam, dilaksanakan upacara renungan suci di taman mahkam pahlawan Kesuma Bangsa Pematang Panjang, dengan Irup dan komandan upacara Dandim 0310/SSD Letkol Inf. Zusnan Hadi Hudaya serta Danramil IV Nagari Kapten Inf. Ilham. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.