Portal Kabupaten Sijunjung

UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2018 DI LAPANGAN M YAMIN MUARO SIJUNJUNG

0

AKBP Driharto, SIK bertindak selaku Inspektur Upacara, membacakan amanat Menteri Sosial RI, Agung Gumiwang Kartasasmita pada upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2018 dilapangan Prof M. Yamin, Sabtu (10/11).

Dalam amanat tertulis Menteri Sosial, yang dibacakan oleh AKBP Driharto, SIK, mengajak untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan dan pendiri Republik Indonesia, karena dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan hingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

” Dengan tema Semangat Pahlawan di Dadaku, mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara indonesia tanpa terkecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara”, ujarnya.

Lebih lanjut lagi dikatakan terlebihnya lagi dibutuhkan sosok pemuda Indonesia sebagai generasi penerus yang mempunyai jiwa patriotisme, pantang menyerah, berdisiplin, berkarakter menguasai ilmu pengetahuan dan keterampil di bidangnya.

” Saat ini harapan akan masa depan negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial”, tutupnya.

Dalam upacara juga dibacakan pesan-pesan para pahlawan nasional, yang di bacakan oleh siswa SMAN 2 Sijunjung Teguh Rahmad diantaranya Bung Tomo “Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain merah dan putih, maka selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun juga”. Gubernur Suryo “Berulang-ulang telah kita katakan, bahwa sikap kita ialah lebih baik hancur daripada di jajah kembali”.

Turut hadir Bupati Sijunjung, Wakil Bupati Sijunjung, Ketua DPRD Sijunjung, Sekdakab, Unsur Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Muaro, Ketua Pengadilan Agama Sijunjung, Staf Ahli, Asisten , Kepala OPD, Instansi Vertikal,Para Veteran Perintis Kemerdekaan, Veteran Pejuang Kemerdekaan, LKAAM, MUI Sijunjung.

Selamat Hari Pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial. Semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita.(Dwita-Kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.