Portal Kabupaten Sijunjung

UPACARA PELEPASAN RAIMUNA NASIONAL CIBUBUR

0

Kontingan Jambore nasional (Jamnas) Kwartir Daerah (Kw­ar­da) 0303 Sumatera Barat, yang akan mengikuti Jamnas Gerakan Pramuka di Cibubur, dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Halaman Kantor Bupati Sijunjung, rabu (9/8). Hadir dalam acara tersebut Bupati Sijunjung, Wakil Bupati Sijunjung, dan Pejabat Eselon.

Jumlah kontingen Kwarcab 0303 sumatera barat yang berangkat ke Reimuna Nasional Tahun 2017 di Cibubur adalah rata-rata dari kwarcab sebanyak 24 orang, 12 putra dan 12 putri, Pembina 4 orang 2 putra dan 2 putri ditambah 1 orang pinkoncab. Mereka akan diberangkatkan ke bumi perke­mahan Cibubur, Jakarta Timur, menggunakan jalan darat.

Saat memberikan sambutan pada pelepasan itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin selaku Kamabicab Ketua Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sijunjung berpesan kepada seluruh kontingen Kwartir Cabang 0303 Kabupaten Sijunjung untuk menjaga nama baik Kabupaten di event Nasional tersebut.

Selain itu, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, mengatakan, Sijunjung merasa mendapat ke­hormatan dari Kamabicab ka­bu­paten dan kota lantaran telah ditunjuk sebagai tuan rumah pelepasan kontingen pramuka Sumatera Barat ke Jamnas Ci­bubur. Momentum tersebut menunjukkan betapa sesama Kamabicab membutuhkan kerja­sama yang erat dalam mem­bangun kebersamaan dalam melaksanakan pembinaan gene­rasi muda. Pelepasan bersama itu sekaligus menunjukkan ada­nya kerjasama dan kemauan yang kuat dari semua Ka­mab­icab untuk menegakkan bendera Sumatera Barat di kancah Jamnas Cibubur.

Pengiriman peserta Jamnas Pramuka ke Cibubur ini, me­nurut Nasrul Abit, juga men­jadi bukti kepedulian Sumatera Barat terhadap pembinaan ge­ne­rasi muda. Pemerintah Sumatera Barat melihat telah terjadi de­gra­dasi moral di kalangan generasi muda, dimana nilai-nilai luhur bangsa tidak lagi diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Melalui gerakan Pramuka yang menjadi bagian dari pendidikan karakter diharapkan generasi muda dapat mengetahui jati diri bangsa yang mengutamakan keluhuran budi pekerti, gotong royong dan saling membantu.

Tema yang diangkat adalah “Kibar, Inovatif dan Berkarakter ”, yang berarti pramuka harus disiplin, berani tampil, gagah dalam penampilan, riang gembira dalam bersikap dan mampu bekerjasama dalam bertindak.”Selamat sampai tu­juan dan selamat pulang kem­bali,”tutup Wagub Sum­bar. (Dicko/Dwita-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.