Portal Kabupaten Sijunjung

UPACARA HARI PRAMUKA KHIDMAD

0

Upacara  peringatan hari Pramuka ke-55, tingkat Kabupaten Sijunjung, di lapangan Profesor Muhammad Yamin, Senin (15/8), berlangsung tertib dan khidmad.

Bertindak selaku inspektur dan komandan upacara, Bupati H. Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka 0303 Cabang (Kamabicab) Sijunjung  serta ketua Dewan Kerja Cabang (DKC), Fahrul Razi

Upacara dihadiri Wakil Bupati H. Arrival Boy, unsur Forkopinda, Sekdakab A. T. Rohendi, pejabat teras Pemkab, kepala SKPD, ketua berbagai organisasi wanita serta pengurus cabang dan para Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kama Bigus). Peserta upcara, Pramuka SD, SLTP dan SLTA yang ada di Ibu Kota Kabupaten Sijunjung.

Dalam kesempatan itu bupati berharap dan mengimbau seluruh kepala sekolah dan guru yang bertugas di Kabupaten Sijunjung supaya memaksimalkan kegiatan kepramukaan di sekolah.

Kegiatan kepramukaan perlu dimaksimalkan di sekolah, karena siswa yang aktif di pramuka, akhlaq, budi pekerti, kepribadian serta sikap dan perbuatannya lebih baik dari pada siswa yang tidak pernah mengikuti kegiatan kepramukaan itu.

Pegawai  yang waktu di sekolah tidak pernah mengikuti kegiatan kepramukaan, orangnya biasa-biasa saja dalam menjalankan tugas. Sedangkan pegawai yang aktif di pramuka ketika masih jadi pelajar, disamping aktif dan kreatif, juga memiliki disiplin diri dan tanggungjawab yang tinggi serta sopan, santun dan hormat kepada rekan sekerja dan atasan.

“Karena itu, saya berharap dan mengimbau seluruh kepala sekolah dan guru yang bertugas di Kabupaten Sijunjung supaya memaksimalkan kegiatan kepramukaan di sekolahnya. Selain di sekolah, saya juga berharap kegiatan kepramukaan digiatkan di tingkat kecamatan dan di tingkat kabupaten. Kita akan alokasikan anggaran untuk itu,” kata Bupati Yuswir Arifin.

Hal yang mengesankan dalam pelaksanaan upcara, empat siswa  tampil dihadapan Bupati Yuswir Arifin mengucapkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Dasa Darma dan Dwi Darma tampa teks.

Keempat anak hebat itu, siswa SMAN 4 Sijunjung, Miranda Pratiwi dan Aprilia Dwi Dasmarani (pengucap Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945) serta siswa SMPN 7 Sijunjung, Atika Nabila Febril (pengucap Dasa Darma) dan murid SDN 22 Sijunjung, Abdi Jaya Habibi (pengucap Dwi Darma).

“Hebat, dengan gaga berani empat pramuka tampil di hadapan bapak bupati mengucapkan Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Dasa Darma dan Dwi Darma tampa teks.,” kata Wakil Bupati Arrival Boy yang waktu jadi siswa dan mahasiswa juga aktif di pramuka. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.