Portal Kabupaten Sijunjung

Upacara Hari Kelahiran Pancasila Diharapkan Dapat Persatukan Bangsa

0

Muaro, MC Sijunjung – Meski dilaksanakan pada bulan puasa dan libur pegawai, namun upacara peringatan hari Kelahiran Pancasila tingkat Kabupaten Sijunjung berlangsung tertib dan khidmad, Sabtu (1/6/2019).

Bertindak selaku inspektur Bupati Yuswir Arifin dan komandan upacara Kabid LLAJ Dinas Perhubungan Emil Evan, SSTP.

Upacara dihadiri Wakil Bupati Sijunjung H. Arrival Boy, Ketua DPRD, Forkopimda, Sekdakab; Zefnihan, pejabat teras Pemkab, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), perwira Kodim dan Polres serta ketua dan pengurus berbagai organisasi wanita. Peserta upacara, keluarga besar Korpri serta anggota Kodim dan Polres.

Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dalam pidato tertulis yang dibacakan Bupati Sijunjung Yuswir Arifin menyebutkan, pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari tuhan yang maha esa buat bangsa indonesia.

Dalam kontek itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran pancasila setiap 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa Nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatukan satu bangsa.

Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik.

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kita harus bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita indonesia, kita pancasila kata Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila – (Darwen).

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.