Portal Kabupaten Sijunjung

TUJUAN PUASA MENCAPAI TAQWA

0

Anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, Syofian Hendri, S. Pdi berceramah Ramadhan di Masjid Jamik Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan, Senin (29/5) malam.

Dengan mengutip ayat ‘yaayyuhallazi na’amanu kutibaalaikum mussiham kama kutiba alallazina mingkablikum laallakum tattakun, Syofian Hendri mengatakan bahwa tujuan berpuasa adalah mencapai takwa.

Dijelas Allah SWT melalui firman-Nya ‘yaayyuhallazi na’amanu kutibaalaikum mussiham kama kutiba alallazina mingkablikum laallakum tattakun. Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu bersahum (berpuasa) sebagaimana orang-orang sebelum kamu, mudah-mudahan kamu bertaqwa.’

Jadi, bila Surat Al Baqarah (ayat 183) ini dicermati dan dihayati, yang diharapkan Allah terhadap orang beriman yang berpuasa, adalah taqwa. Taqwa itu sendiri adalah hati yang tunduk, iman yang kuat dan kokoh, takut kepada Allah serta hidup yang tawaqal, kata Syofian Hendri.

Sedangkan ciri-ciri manusia yang bertaqwa, selalu ingat pada Akhirat, tidak terpedaya oleh dunia dan mempersiapkan diri untuk kematian, karena setiap yang bernyawa pasti akan mati.

“Karena sekarang kita sedang berada dalam bulan Suci Ramadhan 1438 H, kesempatan baik bagi kaum muslimin dan muslimat untuk  mengevaluasi diri. Apakah kita sudah termasuk orang yang bertaqwa atau belum. Kalau belum, sebagaimana firman Allah, dirikanlah puasa sebaik dan sesempurna mungkin serta penuh perhitungan,” imbau Syofian Hendri. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.