Portal Kabupaten Sijunjung

TRANSAKSI JUAL BELI HEWAN KURBAN MENINGKAT

0

Transaksi jual beli hewan kurban, yakni sapi, kerbau dan kambing di Pasar Ternak Regional Palangki menjelang Hari raya Idul Adha 14 37 Hijriayah mengalami peningkatan dari sebelumnya.

Peningkatan penjualan ternak tersebut mulai terjadi sejak sebulan yang lalu.”Sejak sebulan yang lalu penjualan hewan, baik sapi, kerbau maupun kambing mengalami peningkatan,” kata Kepala UPTD Pasar Ternak Regional Palangki, Hafrin, Selasa (30/8).

Hafrin menyebutkan, rata-rata penjualan hewan di Pasar Ternak Regional Palangki setiap hari pasar berkisar antara 700 hingga 800 ekor.Penjualan sebanyak itu mulai terjadi sejak awal Agustus lalu.

Ia memperkirakan penjualan hewan akan terus mengalami peningkatan hingga hari H Idul Adha.” Hingga hari H Idul Adha, penjualan hewan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan,” ucapnya.

Meski terjadi peningkatan, namun dibandingkan dengan Idul Adha sebelumnya penjualan hewan kurban pada tahun ini jauh mengalami penurunan.Hal itu, sebut dia, salah satunya disebabkan ekonomi masyarakat yang agak lesu.

“Kalau dibandingkan dengan Idul Adha sebelumnya, penjualan hewan tahun ini  jauh mengalami penurunan,” sebut Kepala UPTD Pasar Ternak Palangki.

Menyinggung harga, Hafrin mengakui adanya kenaikan harga hewan, baik sapi, kerbau maupun kambing.Namun kenaikan harga, masih relatif stabil.Seekor sapi berperawakan sedang misalnya, dijual dengan harga kisaran antara Rp11 juta hingga Rp14 juta.

”Memang ada kenaikan harga, tapi tidak terlalu tinggi.Kondisi ini dipengaruhi melonjaknya permintaan hewan menjelang Idul Adha,” jelasnya.

Lalu bagaimana dengan stok sapi, kerbau dan kambing, menurut Harfin, stok sapi, kerbau dan kambing di UPTD Pasar Ternak Palangki cukup banyak.” Kalau stok cukup banyak.Bagi yang butuh, silahkan datang ke Pasar Ternak Palangki,” ucapnya Harfin.

Hewan yang dijual di Pasar Ternak Palangki dibawa pedagang lokal dari kabupaten/kota di Sumatera Barat dan provinsi tetangga, seperti Jambi, Lampung dan Aceh.

Sapi yang dijual pun ada jenis sapi lokal dan sapi bali.Sapi lokal selain dibawa pedagang dari kabupaten/kota di Sumbar juga dibawa pedagang dari provinsi tetangga.Sedangkan sapi Bali berasal dari Jambi dan Lampung.zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.