Portal Kabupaten Sijunjung

Tinjau Lokasi Banjir, Bupati Sijunjung Ajukan Pemasangan Bantaran Sungai

0

Muaro Takung , MC Sijunjung – Sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Sijunjung terhadap masyarakat, Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin meninjau lokasi bencana banjir yang melanda Kenagarian Muaro Takuang, Selasa (21/1/20).

Dalam kunjungannya tersebut didampingi Kepala Dinas PUPR, Budi Syafarman, Plt.Kepala BPBD, Hendri Caniago, Wali Nagari Takuang mengunjungi beberapa titik lokasi yang terkena banjir, juga mengunjungi rumah-rumah warga serta mengunjungi dapur umum.

” Untuk kedepannya kita akan mengajukan pemasangan bantaran sungai ke Kementerian PU untuk mengatasi daerah-daerah yang kritis,” ujar Bupati.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membangun lagi di daerah-daerah rawan bencana seperti di tepi sungai dan di dekat perbukitan.

” Selanjutnya kita akan buat tim terpadu untuk pencegahan, penanggulangan bencana mulai dari OPD terkait sampai ke Pemerintah Kecamatan dan Nagari”, sambungnya.

Pada saat yang sama Plt. Kepala BPBD, Hendri Caniago menjelaskan selain Muaro Takung di rendam banjir, juga ada beberapa daerah lain yang terkena longsor.

Sementara itu, Wali Nagari takuang mengatakan selain akibat hujan deras, banjir yang terjadi ini akibat kiriman dari hulu sungai Batang Takung dan sungai Batang Pangian.

” Untuk upaya yang telah kita lakukan membuka dapur umum dan posko bencana, dan penanganan pasca bencana untuk membersihkan rumah-rumah warga,” jelasnya.

” Sampai saat sekarang boleh dikatakan tidak ada korban jiwa, sedangkan untuk rumah yang terendam banjir sekitar 170 rumah dengan kedalaman setengah sampai dua meter,” terangnya (Noven)/infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.