Portal Kabupaten Sijunjung

TINGKATKAN SEMANGAT JUANG DALAM MEMPERINGATI HARI BELA NEGARA KE – 69

0

Upacara peringatan Hari Bela Negara di Kabupaten Sijunjung yang dipusatkan di Lapangan Sepakbola Prof. M. Yamin, Selasa (19/12), berlangsung tertib, lancar dan sukses. Komandan Kodim 0310/SSD Letkol Inf Irvan Yusri, S.I.P menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara Hari Bela Negara ke- 69.

Upacara dihadiri Sekretaris Daerah Zefnihan, AP. M. Si Unsur forkopimda, Ketua TP-PKK, Staf Ahli, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sijunjung, Instansi Vertikal, pengurus dan anggota berbagai organisasi wanita serta Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Sambutan Presiden RI yang di sampaikan oleh Letkol Inf Irvan Yusri, S.I.P menyebutkan pada hari ini momentum bela negara yang dilaksanakan di seluruh pelosok Indonesia, diharapkan untuk senantiasa belajar dari sejarah perjuangan bangsa.

Sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat. Mereka berjuang mempertaruhkan jiwa raganya, membela tanah airnya dari para penjajah


“sejarah juga telah mencatat bahwa membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata akan tetapi juga dilakukan setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara” ujarnya
Peringatan Hari Bela Negara mengacu pada peristiwa sejarah saat Belanda melakukan agresi militer II 19 Desember 1948. Pada saat itu, Presiden Soekarno memberi mandat kekuasaan kepada Syafruddin Prawiranegara di Sumatera Barat untuk menjalankan pemerintahan guna mempertahankan NKRI.

Saat Belanda mengumumkan kepada dunia bahwa Indonesia sudah tidak ada lagi, Sjafruddin Prawiranegara berjuang mempertahankan keutuhan NKRI dengan menyuarakan tegaknya Republik Indonesia.

Memaknai Hari Bela Negara kali ini, dalam bersikap berbuat demi membela dan mempertahankan kepentingan bangsa dan negara, karena negara merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan kita. Pada dasarnya setiap orang itu membutuhkan organisasi yang disebut negara.(Dwita-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.