Portal Kabupaten Sijunjung

TINGKATKAN SEKTOR PERTANIAN

0

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Sijunjung dalam pemandangan umum terhadap rancangan peraturan daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Sijunjung tahun 2016-2021, sebagaimana disampaikan ketua fraksi tersebut, H. Hendri Susanto, pada rapat paripurna, di gedung dewan, Senin (18/7), berharap kepada pemerintah daerah sektor pertanian ditingkatkan.

Rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Muhklis Rasyid, dihadiri Wakil Bupati H. Arrival Boy, unsur Forkopinda, Sekdakab A.T. Rohendi, pejabat teras Pemkab, Kepala SKPD,  camat se-Kabupaten Sijunjung dan segenap anggota dewan.

Hendri Susanto mengatakan, sektor pertanian adalah yang paling terkait dengan back ground masyarakat dan brending Kabupaten Sijunjung sejak puluhan tahun silam. Karena itu, ke depan para pemangku kepentingan dan kebijakan, diharapkan lebih memperhatikan sektor ini.

Diakui selama ini upaya peningkatan dan pengembangan sektor pertanian yang  dilakukan pemerintah daerah sudah sangat besar. Namun ke depan upaya itu perlu ditingkatkan. Baik secara program mau pun kebijakan anggaran.

Artinya, terhadap sektor pertanian ini perlu meningkatkan reformasi dan modernisasi pengolahan lahan pertanian. Justru itu, Fraksi PKS meminta anggaran untuk sektor pertanian ini ditingkatkan secara drastis.

“Alangkah arifnya jika kita pemerintah daerah memiliki alat mesin pertanian (alsintan) canggih dan modern yang disesuaikan dengan kultur tanah persawahan, seperti hantractor roda empat, alat penanam benih, mesin pemanen dan perontok gabah,” kata Hendri Susanto.

Disampingi itu, irigasi primer, sekunder dan tersier harus dimiliki serta dibangun dan ditingkatkan agar para petani tidak lagi mengharapkan hujan turun dari langit. Potensi sungai yang ada di Kabupaten Sijunjung sangat mendukung untuk membangun irigasi primer itu, sehingga akan berdampak terhadap percepatan hasil panen yang sejalan dengan misi nasional Indonesia sebagai negara berdaulat pangan.

“Kita belajar dari Negara Mesir yang hanya memiliki satu sungai besar, yaitu lembah sungai Nil. Namun dengan sistem irigasi yang modern mulai dari terusan Suez, ujung Bukit Tursina, bisa mengairi seluruh provinsi yang ada di Negara Mesir,” kata Hendri Susanto mencontohkan.

Dalam mewujudkan infrastruktur yang berkualitas dan merata, Fraksi PKS berharap kepada Pemda Sijunjung jorong tertinggal diprioritaskan dalam pembangunan jalan, pengadaan jaringan listrik serta peningkatan kesehatan dan pendidikan. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.