Portal Kabupaten Sijunjung

TINGKATKAN PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN PUNGLI DI SIJUNJUNG

0

Salah satu tugas satuan sapu bersih pungutan liar untuk membangun sistem pencagahan dan pemberantasan pungutan liar, Inspektorat Daerah adakan sosialisasi pemberantasan Pungli di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Kamis (2/11) Balairung Lansek Manih.

Pungutan Liar adalah pengenaan biaya ditempat yang seharusnya tidak dikenakan biaya, hal ini merupakan kegiatan pungutan biaya atau meminta uang secara paksa oleh sesesorang kepada pihak lain.

Kegiatan ini ditujukan kepada Wali Nagari dan Kepala Puskesmas, Pemerintahan Nagari dan Kepala Puskesmas yang merupakan ujung tombak pelayan publik pada pemerintah Kabupaten Sijunjung, karena Pemerintah Nagari dan Puskesmaslah yang berhubungan langsung dengan masyarakat supaya dapat mempertahankan pelayanan bebas pungli agar Kabupaten Sijunjung bersih dari namanya pungutan liar.

Acara dibuka Wakil Bupati Sijunjung, dihadiri Kapolres Sijunjung, Kajari Sijunjung, Unsur Forkopimda, Kepala OPD Camat se-Kabupaten,  serta Wali Nagari se-Kabupaten Sijunjung dan Kepala Puskesmas.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Arrival Boy mengatakan, berdasarkan peraturan presiden No 87 tahun 2016 tentang satuan tugas sapu bersih pungutan liar dan ditindak lanjuti oleh Pemerintah Daerah dengan membentuk Unit Pemberantasan Pungli (UPP) di Kabupaten Sijunjung.

Wabup berharap dengan adanya sosialisasi Pemberantasan Pungli akan dapat mencegah dan meminimalisir perbuatan yang mengarah kepada pungutan liar. Pemerintah Kabupaten Sijunjung bertekad untuk menyelenggarakan pemerintahan tanpa adanya pungutan liar, maka dari itu ia tidak akan mentolerir dan akan mengambil tindakan yang tegas kepada siapapun yang melakukan perbuatan Pungli yang berdampak praktik seperti, merugikan masyarakat, rusaknya tatanan masyarakat, menghambat pembangunan dan ketidak percayaan masyarakat kepada pemerintah.

“Sampai saat ini saya belum dapat laporan yang menyangkut pungutan liar, mohon dipertahankan hal seperti ini sampai waktu yang tidak ditentukan”, tambah Boy. (Dicko/Noven-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.