Portal Kabupaten Sijunjung

TINGKATKAN KWALITAS GENRE, GURU DAN PENGURUS MASJID/MUSHALLA IKUTI WORKSHOP

0

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Sijunjung berkomitmen mengupayakan peningkatan umur pernikahan remaja melalui program Generasi Berencana (GenRe). Sasaran program GenRe yaitu remaja belum menikah dengan usia 10-24 tahun, mahasiswa atau mahasiswi, keluarga serta masyarakat yang peduli remaja. GenRe akan memberikan informasi dan promosi tentang kesehatan reproduksi, seperti, tidak menikah dini, tidak melakukan seks pranikah, dan tidak menggunakan NAPZA, penanaman keterampilan hidup atau pengembangan konsep diri, pemberian informasi tentang perencanaan kehidupan berkeluarga dan pemberian informasi tentang kependudukan dan pembangunan keluarga.

Untuk mencapai sasaran tersebut Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Sijunjung bekerjasama dengan Perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Barat menggelar Workshop Program GenRe bagi guru pesantren Ramadhan di Kampung KB, dibuka oleh Staf Ahli Syahrial, MM, di Wisma Keluarga Muaro, Kamis (06/03).

Workshop sehari ini diikuti oleh 60 peserta dari Guru Agama, Guru BK, Guru Geografi, Guru Mengaji dan Pengurus Masjid/Mushalla se-Kabupaten Sijunjung dengan pemateri Dra. Mardalenawati Yulia, M.Si dan H. Muzhardi, BA dari Perwakilan BKKBN Propinsi Sumatera Barat dan Afrizal, S.Ag, MM dari Kantor Kemenag Sijunjung.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dra. Rina Defita Eka Putri, MM berharap agar kegiatan ini menjadi wadah untuk membekali para Guru dan Pengurus Masjid/Mushalla dalam memberikan motivasi bagi generasi muda dalam pesantren Ramadhan yang akan digelar di Kampung KB nantinya.

Dalam sambutannya Staf Ahli, Syahrial menekankan pentingnya peran Guru dan Pemuka Agama dalam memotivasi generasi muda usia produktif dalam meningkatkan ketaqwaan melalui contoh teladan dan pendekatan persuasif kepada anak. Menurutnya, pembinaan imtaq generasi muda melalui program ini akan memperkuat dan menyiapkan kehidupan berkeluarga dan membangun karakter remaja.

(budhi)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.