Portal Kabupaten Sijunjung

Tingkatkan Kemampuan Generasi Penerus, Dinas Perpustakaan Sijunjung Gelar Lomba

0

Muaro, MC Sijunjung- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sijunjung mengadakan lomba bercerita tingkat SD/MI dan lomba lukis literasi tingkat SMP/MTSN, guna menggali potensi baca murid serta membangun imajinasi dan kreatifitas generasi muda dengan seni lukis literasi.

Lomba tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Zefnihan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Rabu (12/2).

Dalam sambutannya, Sekda Zefnihan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Karena menurutnya, dengan adanya lomba membaca dan melukis literasi bisa untuk meningkatkan kebiasaan membaca dan menguatkan imajinasi terhadap diri anak-anak kita,” ungkapnya.

Kebiasaan membaca dan seni itu memiliki edukasi melatih anak-anak sejak dini, kelak sudah dewasa mampu bersaing dalam menjalani kehidupan, jelasnya.

Ia berharap melalui lomba ini akan mampu membentuk sikap dan perilaku para peserta. “Kesenangan membaca merupakan modal dan faktor penting dalam penyelengaraan pendidikan dan pembangunan masyarakat untuk lebih cerdas, luwes dan tangkas dalam menghadapi peluang dan tantangan,” katanya.

Kemudian, Ia juga mengimbau kepada anak didik peserta lomba, memanfaatkanlah perpustakaan sebagai refrenasi melatih literasi.

Sementara itu, dalam laporan Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dodi Katim menyebutkan lomba bercerita itu diikuti murid Sekolah Dasar dan lomba melukis literasi diikuti siswa SMP se-Kabupaten Sijunjung.

“Adapun tujuan kegiatannya untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca terhadap generasi penerus. Selain itu, juga untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya melukis dalam upayah membangun karakter, kecerdasan dan inovasi generasi muda demi mewujudkan Sijunjung maju Sijunjung Jaya,” tutupnya.(Dicko)@infopublik.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.