Portal Kabupaten Sijunjung

TINGKATKAN KEDISIPLINAN SANTRI MELALUI KEGIATAN PRAMUKA

0

Untuk mengembangkan kepribadian dan tingkat disiplin santri, Pondok Pesantren Darul Falah yang terletak di Kecamatan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung menggelar kegiatan kemah bakti. Acara yang digelar setiap tahun tersebut diikuti sebanyak 130 santri, bertempat di bumi perkemahan Lubuk Kosek, jorong Koto Tuo, Nagari Lubuktarok dan berlangsung selama empat hari.

Kemah bhakti itu berlangsung sejak Kamis hingga Minggu (14-17/12) mendatang. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darul Falah, ustad Fauzan Azmi, Lc yang juga merupakan salah Satu Lulusan Universitas Kerajaan Marocco.

Kemah Bakti tersebut merupakan aplikasi dari kegiatan kepramukaan yang selama ini digeluti oleh para santri di Ponpes Darul Falah yang menjadi sebuah program yang ditunggu-tuggu oleh setiap santri. Karena pada kegiatan kemah bakti tersebut, para santri akan bersosialisasi dengan masyarakat secara langsung, dan diharapkan mampu untuk meningkatkan kedisiplinan sebagai seorang santri.

Untuk diketahui, Ponpes Darul Falah merupakan pondok pesantren yang berbasiskan sekolah yang ada di Kecamatan Lubuktarok. Berdiri sejak tahun 1992 yang dipelopori oleh Buya Zulkarnaini Angku Mudo, yang memiliki cita-cita membangun generasi islami di Nagari Lubuk Tarok. “Di Ponpes Darul Falah ini, bukan hanya pembelajaran agama yang menjadi kelebihan disini, tetapi Ilmu sosial kemasyarakatan serta kegiatan ekstrakulikuler juga menjadi unggulan bagi kita,” kata Fauzan Azmi selaku Pimpinan Ponpes.

Dikatakannya, tahun ajaran baru 2017/2018 Pondok Pesantren Darul Falah memiliki komitmen untuk mengembangkan pondok yang juga berbasiskan Tahfizh Alqur’an. “Bukan itu saja, di Ponpes Darul Falah ini, juga memiliki program ekstrakulikuler kepramukaan yang juga menjadi icon penting di pondok satu-satunya kebanggaan Lubuktarok. Jadi kita juga mengimbangi ilmu pengetahuan umum,” jelas Fauzan.

Melalui kegiatan kepramukaan ini, diharapkan para santri bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. “Nah, melalui kegiatan pramuka para santri bisa mengembangkan kepribadian yang disiplin serta memiliki mental sosial yang bagus,” tambahnya.(endo@sijunjung.go.id)

 

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.