Portal Kabupaten Sijunjung

TIM TERPADU BAGIAN SELATAN, AMANKAN PULUHAN APK

0

Puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu Tahun 2019 di empat Kecamatan wilayah bagian Selatan yakni Kecamatan Sijunjung, Lubuk Tarok, Tanjung Gadang dan Kamang baru ditertibkan dan diturunkan oleh Tim terpadu.

Penertiban APK dilakukan keseluruh nagari-nagari yang ada di empat Kecamatan tersebut selama dua hari, Senin-Selasa (3-4/9), sehingga puluhan APK dapat diamankan.

Tim terpadu itu merupakan gabungan dari Bawaslu, KPU, Kesbangpol dan Linmas, Polres Sijunjung, Satpol PP, DPMPTSP dan Dinas Kominfo.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sijunjung, Agus Hutrial Tatul mengatakan karena masa kampanye belum ada, maka penertiban dan penurunan APK pemilu tahun 2019 harus ditertibkan.
” Kebanyakan APK para peserta caleg tidak berizin, APK tersebut berupa spanduk, baliho dan reklame yang melanggar aturan yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU)”, ujarnya.

“Kemarin kami berkoordinasi dengan DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sijunjung), tidak ada APK yang mengajukan izin kepada mereka. Makanya rata-rata reklame dan billboard itu tidak memenuhi aturan,” ungkapnya didepan kantor bawaslu sebelum Tim kelapangan, Senin (3/9).

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsya menambahkan kampanye diperbolehkan mulai 29 September 2018 hingga 13 April 2019.

“Untuk pemasangan APK itu sudah ditentukan oleh KPU dimana titik-titiknya. Lalu ada tempat-tempat yang memang dilarang dipasang APK seperti tempat ibadah, tempat pendidikan, layanan umum seperti rumah sakit, kantor pemerintah, itu tidak diperbolehkan,” tegasnya. (Dicko-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.