Portal Kabupaten Sijunjung

TIM SUMBAR NILAI NAGARI PALALUAR

0

Luar biasa. Itulah ucapan yang pantas dialamatkan kepada masyarakat Palaluar, Kecamatan Koto VII, Kabupaten Sijunjung saat menyambut kedatangan tim penilai nagari berprestasi Provinsi Sumatera Barat, Kamis (26/5).

Betapa tidak. Setelah diterima oleh Wakil Bupati H. Arrival Boy bersama Forkopimda, ketua, wakil dan anggota DPRD serta ketua tim penggerak PKK beserta anggota, sesampai di halaman SDN 1 Palaluar, tempat berlangsungnya pembukaan penilaian, tim disambut dengan tari silek, tari gelombang dan siriah di carano.

Selain itu, tim yang diketuai Kasubid Pendataan Potensi dan Pengembangan Kawasan Pedesaan Badan Pemberdayan Masyarakat (BPM) Sumbar, Mukhlis, juga ditunggu oleh puluhan ninik mamak, cadiak pandai, alim ulama, bundo kanduang, pengurus dan anggota majelis taklim yang berpakaian kebesaran masing-masing serta ratusan masyarakat.

Sambutan yang juga tidak kalah hebatnya, adalah keelokan Nagari Palaluar. Disamping bersih dan tertata rapi, beberapa ruas jalan yang dilewati tim juga sudah  dipagar dan dihiasi ratusan marawa.

Begitu juga sejumlah taman bunga dan apotek hidup yang dibuat dan pelihara anggota PKK, juga terlihat bersih dan indah dengan pagar bercat warna warni yang rapi dan kokoh.

Disamping wakil bupati, Forkopimda, ketua, wakil dan anggota DPRD serta ketua TP PKK, acara pembukaan penilaian di halaman SDN 1 Palaluar juga dihadiri pejabat teras Pemkab Sijunjung, kepala SKPD, camat dan walinagari se-Kabupaten Sijunjung, Muspika Koto VII serta ratusan masyarakat Palaluar dari berbagai unsur.

Wakil bupati mengatakan, terpilihnya Nagari Palaluar sebagai duta Kabupaten Sijunjung pada pemilihan nagari berprestasi tingkat Provinsi Sumbar pada tahun 2016 ini, telah sesuai dengan tahapan yang diatur dalam Permendagri Nomor 81 tahun 2015.

Kebehasilan Nagari Palaluar, merupakan akumulasi dari berbagai upaya dan kerja keras yang dilakukan pemerintah nagari bersama lembaga nagari yang didukung sepenuhnya oleh masyarakat, baik yang berada di perantauan, terlebih masyarakat yang berdomisili di kampung halaman.

Keistimewaan Nagari Palaluar yang sangat berarti dalam memajukan pembangunan, adalah kehidupan masyarakat yang rukun dan damai berlandaskan adat istiadat yang sampai saat ini masih terjaga dan terpelihara dengan baik.

Hal itu dibuktikan dengan terpilihnya Kerapatan Adat Nagari (KAN) Palaluar sebagai terbaik kedua dalam pemilihan KAN terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2015.

Disamping kehidupan yang rukun dan damai, partisipasi dan swadaya masyarakat dalam memajukan nagari juga sangat tinggi, sehingga banyak keberhasilan dan prestasi yang dicapai Palaluar.

 “Karena itu, kami berharap Nagari Palaluar tidak hanya terbaik  di Kabupaten Sijunjung, tapi juga di Provinsi Sumatra Barat,” harap Wakil Bupati Arrival Boy. –nas.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.