Portal Kabupaten Sijunjung

Tim Sijunjung Nilai Nagari Mundam Sakti

0

Mundam Sakti.MC.SIjunjung- Kelanjutan dari pemilihan nagari berprestasi  tingkat Kabupaten Sijunjung tahun 2019, Senin (25/3) dinilai Nagari Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari.

Dalam penilaian itu, tim yang diketuai Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung, Nasrul, tidak hanya disambut dengan  tari gelombang, silek dan siriah di carano oleh murid SDN 4 dan 12 Mundam Sakti, tapi juga diterima Camat IV Nagari, Rahmat Ronaldi, Forkopimcam, Sekretaris Camat, Syamsir dan kepala dinas/instansi kecamatan.

Selain pemerintahan kecamatan, acara pembukaan penilaian yang berlangsung di halaman kantor walinagari, juga dihadiri walinagari se-Kecamatan IV Nagari, alim ulama,  ninik mamak dan bundo kanduang, pengurus dan anggota PKK, majelis taklim serta masyarakat.

Camat Rahmat Ronaldi mengatakan, untuk tahun 2019 ini, setelah dilakukan penilaian dan evaluasi, Mundam Sakti merupakan nagari terbaik di Kecamatan IV Nagari, sehingga dipercaya mewakili kecamatan ini untuk mengikuti pemilihan nagari berprestasi di tingkat kabupaten.

Mudah-mudahan melalui penilaian tingkat kabupaten ini, ke depan Nagari Mundam Sakti makin maju dan berkembang, baik di bidang pembangunan maupun di sektor ekonomi dan kesejahtraan rakyat, harap Rahmat Ronaldi.

Disamping itu, dalam mengikuti lomba nagari berprestasi, pemerintah Kecamatan IV Nagari tidak hanya mempersiapkan nagari untuk berkompetisi di tingkat kabupaten, tapi sekaligus untuk tingkat provinsi.

“Artinya, dalam mengikuti lomba nagari berprestasi, pemerintah Kecamatan IV Nagari tidak hanya mempersiapkan nagari untuk berkompetisi di tingkat kabupaten, tapi sekaligus untuk tingkat provinsi dan regional, jelas Rahmat Ronaldi.

Sementara ketua tim penilai  Nasrul mengatakan, penilaian nagari berprestasi merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Sijunjung. Indikator yang dinilai berpedoman pada Permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan, penataan kewilayaan dan kemasyarakatan.

Evaluasi bidang pemerintahan, meliputi aspek pemerintahan, aspek kinerja serta aspek inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat dan nagari yang berbasis teknologi informasi (e-goverment) serta pelestarian adat dan budaya.

Evaluasi penataan kewilayaan nagari, meliputi aspek identitas nagari, batas nagari, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta aspek pengaturan investasi. Sedangkan evaluasi kemasyarakatan, meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan, ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan aspek peningkatan kapasitas masyarakat. –nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.