Portal Kabupaten Sijunjung

TIM SIJUNJUNG NILAI NAGARI KOTO TUO

0

Tim penilai nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung menilai Nagari Koto Tuo, Kecamatan IV, Senin (2/7). Tim yang diketuai Kabid Pemberdayaan Masyarakat DinasPemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN), Nasrul, beranggota 12 orang.

 Pembukaan dan pelaksanaan penilaian yang berlangsung di SDN 09 Koto Tuo, dihadiri anggota DPRD Kabupaten Sijunjung H. Daswanto, Sekretaris Camat IV Nagari; Syamsir, Forkopimcam, kepala instansi, walinagari dan ketua Badan Pemusyawaratan Nagari (BPN) se-Kecamatan IV Nagari serta pemerintahan nagari, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kanduang dan ratusan masyarakat Koto Tuo.

Ketua tim penilai, Nasrul mengatakan, penilaian nagari berprestasi merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Sijunjung. Indikator yang dinilai berpedoman pada Permendagri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan, penataan kewilayaan dan kemasyarakatan.

Evaluasi bidang pemerintahan, meliputi aspek pemerintahan, aspek kinerja serta aspek inisiatif dan kreativitas dalam pemberdayaan masyarakat dan nagari yang berbasis teknologi informasi serta pelestarian adat dan budaya.

Evaluasi penataan kewilayaan nagari, meliputi aspek identitas nagari, batas nagari, inovasi, tanggap dan siaga bencana serta aspek pengaturan investasi. Sedangkan evaluasi kemasyarakatan, meliputi aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan kesejahteraan keluarga, keamanan, ketertiban, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan aspek peningkatan kapasitas masyarakat. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.