Portal Kabupaten Sijunjung

Tim Penilai Provinsi Lomba Gerakan PKK Tahun 2019, Nilai HATINYA Nagari Sijunjung

0

Sijunjung, MC Sijunjung – Tim penilai gerakan PKK Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019, yang diketuai Ny. Wartawati Nasrul Abid melakukan kunjungan lapangan ke Jorong Padang Ranah Perkampungan Adat Nagari Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Senin (1/4/19).

Dalam kunjungannya didampingi TP PKK Kabupaten Sijunjung, Camat Sijunjung, Kepala OPD terkait, Wali Nagari Sijunjung serta PKK Nagari.

Di Nagari Sijunjung ini, tim penilai Provinsi akan menilai gerakan HATINYA PKK, Gerakan HATINYA PKK adalah singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman bersamaTim Penggerak PKK.

” Hari ini merupakan penilaian Kabupaten ketiga untuk PKK tahun ini di Kabupaten Sijunjung, kami telah menurunkan 5 tim sekaligus untuk menilai masing-masing lokasi,” ujar Wartawati dalam sambutannya.

” Penilaian Hatinya PKK di Kecamatan Sijunjung, ini merupakan salah satu program unggulan dari Kelompok Kerja (POKJA III) PKK,” tambahnya.

Dimana melalui program ini Tim Penggerak PKK membina kader PKK serta masyarakat untuk dapat bergerak memanfaatkan halaman pekarangan rumahnya masing-masing, walaupun kecil dan minimalis, untuk diolah, diatur sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarganya. Disamping juga ditata menjadi cantik, asri dan menyejukkan mata dengan bunga dan tanaman hijau lainnya.

Salah satu pemanfaatan pekarangan, diantaranya Kebun Gizi Keluarga dengan Buah dan Sayur, Apotik Hidup dengan Tanaman Obat Tradisional, Warung Hidup dengan aneka bumbu dan rempah serta Tanaman pelindung/Tanaman Keras.

Penataan halaman juga diperhatikan dengan menata sarana pembuangan limbah rumah tangga, sehingga tidak terdapat genangan di halaman rumah yang dapat menjadi sumber penularan penyakit. Serta penataan halaman dengan aneka tanaman hias, gar menimbulkan kesan ASRI pada rumah tersebut, dan memelihara kebersihan, keindahan serta kenyamanan lingkungan.

” Melalui gerakan Hatinya PKK kita harapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya,” harapnya. (MC Sijunjung)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.