Portal Kabupaten Sijunjung

TIM PENILAI PAPARKAN HASIL PENILAIAN WTN 2016

0

Tim Penilai penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2016 dari Kementrian Perhubungan, memaparkan hasil penilaian Lapangan yang  berlangsung di Operation Room Kantor Bupati Sijunjung, Selasa,(14/6/16).

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Sijunjung, Arrival Boy, Ketua DPRD Kabupaten Sijunjung, Mukhlis.R, Unsur Forkopimda, Kadishub Kominfo Kabupaten Sijunjung, Ramler,SH,MM beserta jajaran, Kepala SKPD, Sekcam Sijunjung, Wali Nagari Muaro dan instansi terkait.

Tim Penilai yang di pimpin oleh Bpk.Nurhadi Unggul Wibowo, ST,MT, dari Kementrian Perhubungan, dengan 4 orang anggota dan Tim dari Propinsi Sumatera Barat, 6 orang anggota dari Dinas Perhubungan Propinsi Sumatera Barat, Polda Sumbar dan Akademisi Unand.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati Sijunjung menyampaikan  kondisi transportasi dan lalu lintas di Kabupaten Sijunjung, saat ini  dalam pembenahan dan pengembangan.

“Dengan adanya bantuan dana DAK dari Pusat dan Propinsi  serta APBD Kabupaten Sijunjung,  kita sudah rencanakan untuk  perbaikan Trotoar di seputaran kota Muaro Sijunjung, Perbaikan dan penambahan Rambu dan Marka jalan,  Penambahan Bus Sekolah serta  Penertiban Pedagang Kaki Lima, yang semuanya ini adalah agar terciptanya keselamatan dan keamanan dalam berlalu lintas” ujar Wabup.

Pemberian penghargaan WTN, kepada Pemerintah Propinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan Transportasi yang handal, berkelanjutan dan menjamin keselamatan, penggunaan jalan, serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam disiplin berlalu lintas sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Penilaian WTN ini  dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu secara Administrasi, Teknis dan Operasional (Peninjauan Lapangan) dan komitmen kepala Daerah dan Kebijakan Pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan.

Tim penilai yang berada di Kabupaten Sijunjung selama 2 hari, (13 s/d 14 Juni 2016) telah  melakukan peninjauan  lapangan dan melihat langsung kondisi Lalu lintas dan transportasi, Sarana dan Prasarana, ruas jalan, dan persimpangan jalan,  pengujian Kendaraan  Bermotor,dan  Terminal  Kiliran Jao.

Dalam paparan penilaian yang di sampaikan oleh ketua Tim, Nurhadi, menyampaikan bahwa secara umum kondisi lalu lintas di Kabupaten Sijunjung telah Baik.

“ Secara umum Kondisi Trasportasi dan lalu lintas Kabupaten Sijunjung telah baik, walaupun masih adanya kekurangan yang perlu di benahi, seperti Trotoar yang belum memenuhi persyaratan untuk masyarakat disabilitas, Penempatan dan pemeliharaan  rambu rambu lalu lintas serta marka jalan, transportasi dan peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya aturan dalam berlalu lintas.”

Menanggapi hasil penilaian ini, Kadishub Kominfo, Ramler, SH MM, mengatakan bahwa kekurangan tersebut jadi masukan bagi Kabupaten Sijunjung dalam Pembangunan dan Pengembangan Transportasi kedepannya.

“ Kita sudah Koordinasikan dengan Propinsi untuk perbaikan dan pembangunan jalan di Kabupaten Sijunjung, sebab sebagian besar  jalan yang di lewati di Kota Muaro Sijunjung adalah Jalan Propinsi, Untuk itu kita telah usulkan dan saat ini dalam proses administasi untuk perbaikan Trotoar, Rambu Lalu Lintas,  Marka Jalan, dan halte.” Ujar Ramler.

Diakhir kegiatan, Ketua Tim Penilaian menyerahkan hasil Penilaian kepada Pemda Kabupaten Sijunjung, yang dalam hal ini diterima oleh Kadishub Kominfo, Ramler, SH, MM. – PDE@sijunjung.go.id.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.