Portal Kabupaten Sijunjung

TIM PENILAI LAKUKAN PENILAIAN TRANSPARASI DANA DESA

0

Sijunjung  kedatangan tim penilai lomba Transparasi Dana Desa Tingkat Sumbar dalam pengelolaan dana desa yang diketuai Akmal Firdaus. Selasa  (21/11)  di Operation Room Kantor Bupati.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin, Sekretaris Daerah Kabupaten sijunjung, Zefnihan, Kepala OPD terkait, Camat Se Kabupaten Sijunjung, Serta Tim yang beranggotakan Heranof, Basril Basyar, Gusfen Khairul, Jayusdi Effendi, Zulnadi (PWI) dan anggota DPMN Sumbar.

Lomba penilaian Transparasi Dana Desa merupakan kerjasama Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumatera Barat.

Penilaian ini digelar dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Provinsi Sumatera Barat

Dalam penilaian tersebut, ada beberapa indikator penilaian yang harus dipenuhi. Diantaranya, upaya percepatan pembangunan desa/nagari terutama penggunaan dana desa, upaya percepatan pembangunan desa/nagari, jumlah/jenis pendidikan dan pelatihan bagi aparat desa/nagari, pedoman penyusunan peraturan desa/nagari, jenis penghargaan yang diberikan kepada pemerintahan desa/nagari, banmus, lembaga kemasyarakatan dan lembaga adat hingga pemberian sanksi atas penyimpangan dana desa.

Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin menyampaikan tentang kondisi Sijunjung termasuk penyaluran dan penggunaan dana desa yang berlangsung sejak 2015 sampai saat ini.

Jumlah dana desa yang diperoleh Sijunjung 2015 Berjumlah Rp 18,156,858,000, 2016 Rp 40,677,753,000 Sedangkan untuk tahun ini Rp 51,629,928,000.

Dana desa memang dikelola secara trasparan dan selalu kami awasi melalui Inspektorat Daerah, ungkap Yuswir. (Dicko/Noven-kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.