Portal Kabupaten Sijunjung

TIM PENILAI DISAMBUT HANGAT DI NAGARI GUGUAK

0

Tim penilai nagari berprestasi Kabupaten Sijunjung disambut hangat oleh masyarakat Nagari Guguak, Kecamatan Koto VII saat menilai nagari tersebut, Senin (15/5).

Tim yang diketuai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (DPMN) Kabupaten Sijunjung Drs. H. Syukri, MM tidak hanya disambut dengan tari gelombang dan siriah dicarano oleh murid TK Harapan Bunda Nagari Guguak serta ditunggu oleh ninik mamak, monti, malin, dubalang bundo kanduang yang berpakaian kebesaran bersama pengurus dan anggota PKK dan majelis taklim yang berpakaian seragam, tapi juga diterima oleh Camat Koto VII, Veri Satria, SE, MM Muspika, pimpinan unit kerja tingkat kecamatan dan berbagai unsur masyarakat.

Dalam penyambutan yang berlangsung di halaman Kantor Walinagari, Camat Veri Satria mengatakan, untuk tahun 2017 ini, setelah dilakukan penilaian dan evaluasi Guguak merupakan nagari terbaik di Kecamatan Koto VII, sehingga dipercaya mewakili kecamatan ini untuk mengikuti pemilihan nagari berprestasi di tingkat kabupaten.

“Mudah-mudahan melalui penilaian tingkat kabupaten ini, ke depan Nagari Guguak makin maju dan berkembang, baik di bidang pembangunan maupun di sektor ekonomi dan kesejahtraan rakyat,” harap camat.

 Terpilihnya  Guguak mewakili Kecamatan Koto VII ke tingkat kabupaten pada tahun 2017 ini, disamping memang terbaik dari yang baik, di nagari tersebut cukup banyak sarana dan prasarana  pendukung dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Artinya, dalam mengikuti lomba nagari berprestasi, pemerintah Kecamatan Koto VII tidak hanya mempersiapkan nagari untuk berkompetisi di tingkat kabupaten, tapi sekaligus untuk tingkat provinsi dan nasional, seperti pada tahun 2016 lalu, Nagari Palaluar yang mewakili Kecamatan Koto VII, terbaik pertama di tingkat Kabupaten Sijunjung dan terbaik kedua di tingkat Sumbar,” jelas Camat Veri Satria.

Ketua tim penilai, Syukri mengatakan, sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 tahun 2015, tentang evaluasi perkembangan desa (nagari) dan kelurahan, indikator yang dinilai dalam penilaian nagari meliputi bidang pemerintahan, kewilayahan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kapasitas masyarakat, PKK serta bidang kelembagaan dan partisipasi masyarakat.

Sedangkan tujuan penilaian, adalah untuk mengevaluasi dan mengetahui secara pasti perkembangan, kemajuan, keberhasilan, kelebihan dan prestasi yang dicapai nagari, baik di sektor pembangunan dan pemerintahaan, mau pun di bidang kemasyarakatan.

Sesuai peraturan Menteri Dalam Negeri itu, dalam penilaian ada tiga kategori sebagai acuan, yaitu cepat berkembang, berkembang dan kurang berkembang. Yang cepat berkembang dan berkembang bisa mengikuti pemilihan nagari berprestasi.

“Yang kurang berkembang, akan dibina secara khusus oleh pemerintah kabupaten dan kecamatan. Namun di Kabupaten Sijunjung, nagari yang kurang berkembang tidak ada. Yang ada adalah cepat berkembang dan berkembang,” jelas Kepala DPMN, Syukri.

Menurut ketua tim penilai, kelanjutan dari penilaian nagari berprestasi tingkat Kabupaten Sijunjung, Kamis (18/5) lusa dilakasanakan  di Nagari  Paru, Kecamatan Sijunjung. nas@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.