Portal Kabupaten Sijunjung

TIM MONEV DANA DESA AKAN TURUN KE NAGARI

0

Jika tidak ada aral melintang, mulai Senin (29/8) pekan depan tim monitoring dan evaluasi (monev) bentukan Pemerintah Kabupaten Sijunjung turun ke nagari-nagari untuk  mengawasi penggunaan dana desa tahap pertama ke seluruh nagari didaerah ini.

Selain monev penggunaan dana desa, tim yang terdiri dari berbagai instansi terkait itu juga akan melihat realisasi pelaksanaan kegiatan BBGRM tahun 2016 ke seluruh nagari.

”Jadwal sudah kita susun.Rencananya, Senin pekan depan tim mulai turun ke seluruh nagari,” kata Kepala BPMPN Kabupaten Sijunjung, Medison, M.Si , Selasa (23/8).

Kegiatan monev penggunaan dana desa tersebut mengikutsertakan semua SKPD terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten Sijunjung. Tim monev, sebutnya, selain mengawasi penggunaan dana desa, tim monev juga akan melihat realisasi pelaksanaan kegiatan BBGRM tahun 2016 ke seluruh nagari.

“ Selain Monev penggunaan dana desa, tim monitoring juga akan melihat realisasi pelaksanaan kegiatan BBGRM di seluruh nagari,” jelas Medison yang sukses mengantarkan Kabupaten Sijunjung meraih penghargaan Anugrah Desa Membangun Indonesia (ADMI) 2015 kategori Regulasi dan Pemberdayaan Masyarakat Desa dari Kementrian Desa PDTT.

Menurutnya, monev merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga akuntabilitas penggunaan dana desa. Apalagi, dana desa tahap pertama yang dikucurkan jumlahnya cukup besar, yakni sebesar Rp24,4 M.

Karena itu, sebelum pemerintah pusat mengucurkan dana desa tahap kedua, pihaknya bersama instansi terkait melakukan monev ke seluruh nagari yang mendapat alokasi dana desa.

“Jika dana desa tahap pertama bisa dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya, pemerintah pusat akan segera mengucurkan dana desa tahap kedua,” ucapnya. –zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.