Portal Kabupaten Sijunjung

TIGA BBI SIAP PENUHI PERMINTAAN MASYARAKAT

0

Tiga Balai Benih Ikan (BBI) milik Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung siap melayani permintaaan benih ikan. Setiap tahun tiga BBI ini menghasilkan jutaan benih ikan. “Setiap tahun, tiga BBI telah memproduksi lebih kurang satu juta benih ikan Nila dan Mas,” kata Kepala Bidang Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Ir.Sutarto.

Menurut Sutarto, tiga BBI dibawah koordinasi Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung telah memproduksi benih ikan sejak beberapa tahun belakangan. BBI Sumpur Kudus misalnya, BBI yang berada di Nagari Sumpur Kudus memproduksi benih ikan jenis Mas.

Sementara, BBI Latang Kecamatan Lubuk Tarok dan BBI Aia Amo Kecamatan Kamang Baru, memproduksi benih ikan jenis Nila.” BBI Sumpur Kudus lebih fokus memproduksi benih ikan Mas, sementara BBI Latang dan Aia Amo memproduksi benih ikan Nila,” jelas Sutarto.

Jutaan benih ikan tersebut, sambung Kepala Bidang Perikanan, diberikan secara gratis kepada warga atau kelompok petani ikan di kabupaten berjuluk Ranah Lansek Manih.Persyaratannya, sebut Sutarto, harus mengajukan permohonan bantuan kepada Bupati Sijunjung Cq Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan.

“Bagi yang berminat, silahkan mengajukan permohonan kepada Bupati Cq Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan. Setiap permohonan harus diketahui Wali Nagari,” sebutnya.

Menyinggung pembelian ikan untuk dikonsumsi, menurut Sutarto, konsumen bisa membeli melalui Kelompok Pembudiya Ikan (Pokdakan) di daerah ini.Saat ini, katanya, ada sebanyak 114 Pokdakan yang melayani pembelian ikan untuk dikonsumsi.

Ratusan Pokdakan tersebut, tersebar di berbagai nagari.”Bagi yang butuh ikan lele, bisa menghubungi Pokdakan di Nagari Kampung Dalam, Nila di Taratak Baru, ujar sutarto.-zet@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.