Portal Kabupaten Sijunjung

TIGA ATLET CATUR SIJUNJUNG TOREH PRESTASI

0

Prestasi luar biasa kembali diperlihatkan atlet catur asal Kabupaten Sijunjung.Tiga pecatur asal Ranah Lansek Manih, yakni Yasinta Tansil, Irma Yunita dan Ermin Said Lubis berhasil menorehkan prestasi membanggakan dalam turnamen catur nasional antarmahasiswa se Indonesia yang digelar Universitas Andalas (Unand) Padang, pada tanggal 20-22 Oktober 2016.

 “ Alhamdulillah, nama Kabupaten Sijunjung kembali berkibar dalam turnamen catur nasional di Unand,” kata  salah seorang tim juri turnamen catur antarmahasiswa se Indonesia, Mulyani PNP di Muaro Sijunjung, Senin (24/10).

Yasinta Tansil misalnya, pecatur senior yang turun atas nama Akademi Teknik Industri (ATI) Padang berhasil menyabet medali perak atau juara II, catur senior kelompok puteri.Atas prestasi itu, Yasinta Tasil mengantongi piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan sebesar Rp1,8 juta.

Dalam kejuaraan cantur antar mahasiswa se Indonesia itu, peraih peringkat tiga kejuaraan Internasional Malaysia Chess Festival  (Festival Catur Malaysia) 2016, berhasil mengumpulkan poin 6,5 atau enam kali menang dan satu kali remis dari tujuh pertandingan yang dijalani.

 “Hasil remis diperoleh saat menghadapi, Estheria Liana pecatur dari Universitas Gunadharma Jakarta. Estheria peraih medali emas atau juara I turnamen antar mahasiswa se Indonesia juga mengantongi poin 6,5 atau enam kali menang dan saru kali remis dari tujuh kali bermain.Karena mengantongi nilai yang sama, pemenangnya ditentukan berdasarkan penghitungan solkoff, dan pemenagnya adalah Estheria ,” jelasnya.

Meski berada pada posisi dua, sambung Mulyadi, prestasi yang dipersembahkan mahasiswi Politeknik ATI Padang ini tidak mengecewakan.Karena hasil remis dengan Estheria Liana, persaingannya cukup ketat dan sengit.Bahkan, katanya, sebelum bermain remis, Yasinta Tansil  tampil lebih lebih mendominasi pada pertandingan tersebut.

Selain Yasinta, Irma Yunita juga menorehkan prestasi yang menggembirakan. Mahasiswi Unand Padang ini berhasil meraih harapan I catur senior kelompok puteri dari 21 peserta utusan sepuluh perguruan tinggi se Indonesia.Atas prestasi itu, ia mengantongi uang pembinaan sebesar Rp900 ribu dan piagam penghargaan.

Atlet catur Percasi Sijunjung ini, mengumpulkan poin 4,5 atau empat kali menang dan satu kali remis dari tujuh pertandingan yang diikuti.”Irma kalah saat berhadapan dengan Prima Sukma dari Universita Negeri Padang dan Estheria Liana dari Universitas Gunadarma Jakarta,” jelasnya.

Sementara Ermin Said Lubis keluar sebagai harapan II catur senior kategori putera dari 42 peserta utusan 12 perguruan tinggi se Indonesia.Mahasiswa Unand Padang ini mengoleksi poin 6 atau enam kali menang dan tiga kali kalah dari sembilan kali bertanding, dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp800 ribu plus piagam penghargaan.zet.sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.