Portal Kabupaten Sijunjung

TEKAN ANGKA PENYAKIT TIDAK MENULAR (PTM) DI LINGKUNGAN KERJA MELALUI POSBINDU

0

Pos Binaan Terpadu (Posbindu) merupakan satu strategi penting Kementerian Kesehatan RI untuk mengendalikan trend penyakit tidak menular yang semakin mengkawatirkan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa trend tingkat kesakitan dan kematian penyakit tidak menular (hipertensi, diabetes, stroke, jantung, ginjal, dan lainnya) cenderung mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Kesehatan, drg. Ezwandra, M.Sc menyatakan bahwa saat ini penyakit Tidak menular di Kabupaten Sijunjung menunjukkan tren peningkatan setiap tahunnya. Tahun 2016, penderita hipertensi mencapai 26,1% dari 8.567 pasien yang diperiksa. Peningkatan tersebut dipengaruhi oleh perilaku hidup tidak sehat, yang rentan terjadi pada pekerja kantoran yang minim melakukan aktifitas fisik.

Untuk mewujudkan itu, kesadaran Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung tentang Penyakit Tidak Menular (PTM), faktor risiko dan cara penanggulannya, Dinas Kesehatan Kabupaten Sijunjung menggelar ‘Sosialisasi dan Advokasi POSBINDU di Tempat Kerja Bagi Stakelholder’ yang dibuka oleh Staf Ahli, Syahrial, MM di Gedung Pancasila, Rabu (26/04).

Sosialisasi sehari ini diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari anggota DPRD, Unsur Forkopimda, Instansi Vertikal, GOW, BUMN/BUMD, Organisasi Profesi, Sekolah, Puskesmas, Camat dan pimpinan OPD se-Kabupaten Sijunjung dengan pemateri dr. Agung Susanto, MARS (Kementerian Kesehatan RI), dr. Yan Rafiq (Dinas Kesehatan Prop. Sumbar), dr. Yasril Syahni (Dirut RSUD Sijunjung).

Melalui kegiatan Posbindu yang nantinya akan dibentuk di lingkungan kerja (Kantor Bupati Sijunjung), para ASN diharapkan bisa berperan serta dalam melakukan deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini faktor risiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan.

Melalui kegiatan ini, Ezwandra berharap agar Posbindu PTM yang ada seluruh di tempat kerja yang ada di kabupaten Sijunjung bisa mendeteksi PTM secara dini dan mengendalikan PTM dengan CERDIK, akronim dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin olahraga dan beraktifitas fisik, Diet sehat dengan gizi seimbang, Instirahat yang cukup, Kendalikan stres.

Staf Ahli, Syahrial, MM berharap agar Posbindu bisa bermanfaat bagi peningkatankesadaran para pekerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sijunjung untuk secara rutin melakukan kontrol terhadap PTM seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker melalui upaya promotif dan preventif sehingga angka PTM bisa kita tekan.

“Jika kesadaran para pekerja sudah tumbuh bersama Pusbindu, tentu impian kita untuk menciptakan masyarakat madani yang sehat akan bisa terwujudkan”, pungkas Syahrial.

(budhi_kominfo)@sijunjung.go.id

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.