Portal Kabupaten Sijunjung

TANJUNG BONAI AUR SELATAN GELAR BURU BABI

0

Kenagarian Tanjung Bonai Aur selatan Sijunjung  yang merupakan salah satu nagari mandiri pangan gelar olahraga buru babi, minggu (10/9).

Acara buru babi ini di bolehkan oleh niniak mamak Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan setelah musim panen padi atau sebelum musim padi agar tidak merusak tanaman petani. Selain itu kegiatan ini biasa dilakukan oleh warga saat akhir pekan dan sebagai ajang bersilaturahmi, ada juga yang menjadikan berburu babi sebagai olahraga minat khusus dengan menggelar event-event perburuan massal.

Peburu ini berjalan berkelompok dari pagi hingga sore. Masing-masing orang disertai 2 sampai 6 ekor anjing. Anjing yang dibawa adalah anjing agresif yang sudah terlatih. Anjing-anjing inilah yang akan memandu pencarian babi dengan menyalak dan mengejar babi hutan apabila telah ditemukan.

Kegiatan buru babi  ini bertujuan  untuk mengurangi hama babi mengamankan ladang, sawah dan kebun dari babi hutan yang sering merusak tanaman bahkan juga menyerang peladang. Namun, kini berburu babi hutan telah menjadi hobi bagi sebagian orang.(noven-kominfo@sijunjung.go.id)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.